Thursday, 22-02-2024 06:25:04 pm
Home » Kabar Desa » Pendidikan Gizi Seimbang, Pengenalan Kesehatan Reproduksi dan Pengetahuan ASEAN Untuk Anak Sekolah Dasar

Pendidikan Gizi Seimbang, Pengenalan Kesehatan Reproduksi dan Pengetahuan ASEAN Untuk Anak Sekolah Dasar

(768 Views) February 3, 2019 11:13 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Mahasiswa KKN TIM I Undip Tahun 2019, Desa Bancak, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati mengadakan program pendidikan gizi seimbang untuk anak sekolah dasar di SD 01 Bancak kelas enam, kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB.

Pentingnya aturan empat sehat lima sempurna untuk kesehatan gizi seimbang.

Pada sosialisasi ini, pembicara memaparkan tentang empat sehat lima sempurna dan bagaimana pentingnya membiasakan perilaku sehat untuk anak sekolah.



Setelah dilakukan program pendidikan gizi seimbang, dilanjutkan dengan program pengenalan kesehatan reproduksi sejak dini.

Disini anak-anak diajarkan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi dengan benar.

Kemudian mereka dikenalkan bahaya-bahaya yang akan terjadi apabila tidak menjaga kesehatan organ reproduksi mereka, seperti sivilis, gonore, HBV, dan penyakit menular lain yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu mereka diajarkan tips dan trik untuk mengatasi rasa nyeri akibat menstruasi.

Cara yang diajarkan beraneka ragam, mulai dari obat herbal, makanan-makanan yang bisa memicu nyeri, zat besi, dan terknik relaksasi dengan cara kompres pada nyeri haid.

Siklus menstruasi juga diajarkan tentang bagaimana siklus yang normal pada saat menstruasi.

Siklus yang diajarkan tidak hanya menghitung hari atau tanggal saja, tetapi juga warna darah yang normal dan lain-lain.

Pengajaran tentang ASEAN juga dilakukan untuk mengenalkan negara-negara yang bergabung dengan ASEAN. Disini juga diajarkan mengenai peran-peran yang dilakukan oleh ASEAN.

Selain itu dikenalkan dengan batas-batas ASEAN, orang yang mendeklarasikan ASEAN, kapan ASEAN itu terbentuk, negara terkaya di ASEAN, negara yang paling banyak korupsi, negara dengan para wisatawan terbanyak di ASEAN dan lain-lain.

Pengenalan tentang ASEAN ini dilakukan dengan video ASEAN. Setelah menonton video anak-anak diberi kuis dan siapa yang mendapat nilai tertinggi di beri reward yaitu coklat. Pengajaran yang dilakukan di SD mendapat feedback yang sangat baik. (Virginia)

Published by

Categorised in:

No comment for Pendidikan Gizi Seimbang, Pengenalan Kesehatan Reproduksi dan Pengetahuan ASEAN Untuk Anak Sekolah Dasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *