Tuesday, 17-05-2022 12:08:03 pm
Home » Kabar Desa » Program Multi Disiplin “Siasat Giling Atasi Sampah” Banjir Pujian

Program Multi Disiplin “Siasat Giling Atasi Sampah” Banjir Pujian

(468 Views) February 15, 2019 10:08 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Sampah merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar yang padat penduduk, ternyata, sampah-sampah di desa pun butuh perhatian, Jum’at tgl (15/02/19).

Tim KKN Undip Semarang Desa’ Giling yang selalu inovatif dan kreatif.

Upaya untuk menanggulanginya tentu membutuhkan taktik jitu. Inilah inisiasi Tim I KKN Undip Desa Giling Tahun 2019, untuk membebaskan tempat mengabdi mereka bebas sampah, yaitu dengan gerakan SiGAP.



Siasat Giling Atasi Sampah (SiGAP) merupakan solusi yang ditawarkan oleh anak muda Undip ini untuk warga Desa Giling. SiGAP berpusat pada managemen pengolahan dan pengelolaan sampah.

Sampah itu sendiri adalah sumber penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung, terlebih lagi jika dikelola dan diolah dengan cara yang tidak benar.

Sebagian besar kegiatan masyarakat Giling dalam mengolah sampah adalah dengan cara membakarnya, padahal cara tersebut tidak ramah lingkungan sama sekali, banyak dampak yang ditimbulkan dari segi kesehatan.

Dikarenakan, hasil pembakaran sampah mengandung klorin yang dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain dan bahaya untuk pernapasan.

Rencana design bangunan bank sampah Desa Giling oleh mahasiswa arsitektur Undip Semarang.

Kholil Anwar dari penyuluh pembina pertanian Desa Giling yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi materi Managemen Pengolahan dan Pengelolaan Sampah yang tergabung dari berbagai disiplin ilmu itu.

 

“Saya kira sangat sulit menggabungkan setiap elemen ilmu menjadi satu kajian seperti yang adik-adik KKN ini lakukan.

Omah sampah salah satu program terbaru oleh Tim KKN Undip Desa Giling kecamatan Gunungwungkal Pati.

Mereka memberikan materi seputar sampah yang dikaji dari sudut ilmu pemerintahan, kesehatan, bisnis, dan mampu mengemasnya menjadi satu kesatuan yang padu.

Kami harap ilmu baru dari adik-adik KKN ini dapat diaplikasikan nanti kedepannya.” Terang beliau. (Ernest)

Published by

Categorised in:

No comment for Program Multi Disiplin “Siasat Giling Atasi Sampah” Banjir Pujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *