Saturday, 04-12-2021 01:05:59 pm
Home » Daerah » Forkopimda Pati Ikut Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Forkopimda Pati Ikut Peringati Hari Lahirnya Pancasila

(290 Views) June 2, 2019 1:54 pm | Published by | No comment

SuarapatiNews.Pati – Peringatan hari lahir pancasila nampaknya selalu menjadi momentum tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk selalu memperingati setiap tahunnya.
Kegiatan yang digelar di halaman pendopo Kabupaten Pati Sabtu. (1/6/2019).

peringatan hari Lahir Pancasila yang selalu di peringati setiap tahunya



Dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah Pati diantaranya, Bupati Pati H. Haryanto,  SH. MM. MSi beserta Wakil Bupati Pati H Saiful Arifin
Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan,  S. Sos.
Kapolres Pati diwakili Waka Polres Pati, Kompol M. Ifan Hariyat .T. SH. S.IK
Kepala Kejaksaan Negeri Pati, Dedy Koesmono, SH MH
Kepala Pengadilan Negeri Pati, Suwarno, SH. MH.
Setda Pati, Ir. Suharyono, MM
Perwakilan DPRD Kab. Pati, Ibu Hj Endah Sri Wahyuningati
Dalam amanat Inspektur Upacara, yang dibacakan Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) mengatakan, Peringatan hari lahir pancasila yang selalu diperingati setiap tahunnya mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagaimana yang sudah di ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.
Selain itu, Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua Samudra, Pasifik dan Hindia, serta di antara dua Benua, Asia dan Australia, meneguhkan sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan, sebab Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.”Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.”Katanya.
Meski begitu, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, seban keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilaj inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.
Dijelaskan, Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.”Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.”
“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.”tempatnya. ($.tikno/Pendim).

Published by

Categorised in:

No comment for Forkopimda Pati Ikut Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *