Friday, 21-01-2022 08:47:49 pm
Home » Kabar Desa » Desa Suwaduk Siap Bangkit dan Berbenah Diri Melalui Momen Sedekah Bumi 2019

Desa Suwaduk Siap Bangkit dan Berbenah Diri Melalui Momen Sedekah Bumi 2019

(578 Views) July 21, 2019 1:51 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Kegiatan senam sehat dan jalan santai mengawali rangkaian kegiatan sedekah bumi tahun 2019 yang dilaksanakan mengelilingi desa Suwaduk, Wedarijaksa – Pati pada minggu, (21/07/19).

Senam bersama di pelataran Balai Desa Suwaduk

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ Kepala Desa Bagas Darmawan, SIP, M.Si beserta perangkat desa, babinsa desa Suwaduk, angota PKK, Karang Taruna, sejumlah pelajar dari sekolah setempat, serta elemen masyarakat lainya.



Menurut PJ Kepala Desa Suwaduk Bagas D yang mulai menjabat sejak 20 Juni lalu menyampaikan bahwa, acara sedekah bumi di desa Suwaduk kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena menurut informasi yang beliau peroleh bahwa selama ini acara sedekah bumi cenderung monoton karena kurang melibatkan seluruh aspek masyarakat.

Dalam upaya mensinergikan seluruh warga desa Suwaduk melalui momen sedekah bumi 2019, PJ Kepala Desa Suwaduk mencoba untuk merangkul semua elemen masyarakan, misalnya PKK dan Karang Taruna untuk berdiskusi dalam hal memeriahkan momen tahunan tersebut.

Dari hasil diskusi memperoleh beberapa keputusan untuk mengisi acara sedekah bumi, misalnya PKK mengusulkan senam dan jalan santai, karang taruna mengusulkan lomba sepak bola, bola voly dan lomba mancing ikan, serta perlombaan untuk anak-anak seperti makan kerupuk dan balap karung.

Kegiatan-kegiatan seperti itu beberapa tahun ini memang sebagian besar tidak ada.

Selain kegiatan tambahan tersebut, tentunya tidak melupakan kegiatan inti yaitu hiburan masyarakan, seperti pegelaran ketoprak dan wayang kulit, serta tahlil di makam leluhur, pengajian umum yang dirangkai dengan sholawatan.

Sedangkan pesan yang ingin disampaikan PJ Kepala Desa Suwaduk, karena kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan merupakan hajat besar masyarakat Desa Suwaduk.

Untuk itu pihaknya mengajak segenap masyarakat untuk ikut andil dan memeriahkan acara tersebut.

Pihaknya akan selalu mendukung semua usulan dari masyarakat yang positif dan bersifat membangun demi kemajuan bersama.

Menyikapi iklim politik di Desa yang semakin hangat jelang pilkades akhir tahun ini masih menurut Bagas D, pihaknya mengajak semua warganya agar tetap tenang, menjaga kerukunan dan lebih mementingkan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi atau golongan.

Pihaknya juga berharap kepada semua pihak untuk tidak menjadi provokator. Hal-hal yang kurang dalam pemerintahan hendaknya bisa diselesaikan dengan cara mengutamakan diskusi, karena pihaknya juga sangat terbuka terhadap kritik dan saran, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Desa Suwaduk Siap Bangkit dan Berbenah Diri Melalui Momen Sedekah Bumi 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *