Friday, 03-12-2021 08:26:46 pm
Home » Daerah » Latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana di Lingkungan Pramuka

Latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana di Lingkungan Pramuka

(394 Views) July 17, 2019 11:40 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Upaya pencegahan dan penanggulangan bencana terus disosialisakan diberbagai kalangan. Salah satunya pelaksanaan latihan gabungan relawan  penanggulangan bencana yang dilaksanakan oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah bersama Pramuka Kwarda Jateng di hotel New Merdeka Pati pada hari rabu (17/07/19).

Plh Kepala BPBD Jateng bersama anggota pramuka

Kegiatan latihan gabungan yang dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Juli 2019 tersebut melibatkan ratusan anggota pramuka se Binwil Pati ditambah dari Kwarcab Demak dan Grobogan. Kegiatan berisi bintek sar, latihan gabungan relawan, dan pengembangan kapasitas TRC melalui materi ruangan dan praktek lapangan.



 

Hadir dalam acara tersebut mewakili Kwarda Jateng kak Aditya Wicaksono selaku sekertaris bidang pengabdian masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BPDB Provinsi Jawa Tengah dengan Kwarda Jateng yang tertuang dalam MOU yang berisi tetang ketersediaan anggota pramuka di Jateng siap menjadi relawan bencana apabila dibutuhkan. Salah satun kegiatan yang dilaksanalan bersama diantaranya seperti yang dilakukan hari ini yaitu pembentukan kader relawan bencana.

 

Kegiatan latgab penanggulangan bencana ini masih menurut kak Aditya  Wicaksono menyasar pada anggota pramuka usia penegak yang berasal dari Satuan Karya dan Sekolah Menengah setempat.

Hal tersebut dikandung maksud agar selepas mengikuti latihan gabungan ini peserta dapat menjadi relawan bencana dilingkungan sekolah masing-masing dalam mensukseskan program satuan program “Pendidikan Aman Bencana Berbasis Gugus Depan”.

 

Disinggung soal pembiayaan tutup kak Aditya Wicaksono dalam wawancara, kegiatan ini semua akomodasi peserta latgab mulai dari transportasi, makan, kamar hotel dan lainya menggunakan anggatan dari BPBD Provinsi Jawa Tengah, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana di Lingkungan Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *