Friday, 20-05-2022 11:11:43 am
Home » Kabar Desa » Mari Mancing Bersama (Sedekah Bumi Desa Suwaduk 2019)

Mari Mancing Bersama (Sedekah Bumi Desa Suwaduk 2019)

(625 Views) July 25, 2019 5:28 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Penebaran 200 kg ikan lele dilakukan di lokasi mancing bersama di kanal utara desa Suwaduk, Wedarijaksa – Pati disaksikan perangkat desa, Babinsa, dan sejumlah warga pada kamis, (25/7).

 

Proses Penimbangan dan Penebaran Ikan Lele dalam Acara Mancing Bersama



 

Kegiatan dengan tujuan untuk memupuk rada persaudaraan antar warga melalui mancing mersama merupakan raingkain acara dalam mengisi even tahunan desa yaitu sedekah bumi. Acar tersebut sudah direncanakan beberapa waktu lalu atas inisiatif warga yang diajak urun rembuk oleh kepala desa Suwaduk Bagas Dharmawan, S.IP, M.Si dalam mengisi acara sedekah bimi di desanya.

 

Pada rencana awal perihal penggunaan air untuk media penebaran ikan menggunakan air dari waduk Gembong. Namun menurut Susanto salah seorang panitia sekaligus perangkat desa, air yang digunakan berasal dari sumur warga. Hal tersebut dikarenakan jadwal droping air dari waduk gembong masih menunggu dari dinas PU yang belum pasti waktunya.

 

Sedangkan untuk waktu mancing bersama akan dilaksanakan pada hari kamis, 25 Juli 2019 sekitar pukul 14:00 wib. Untuk teknis pelaksaanya menurut PJ kepala desa Suwaduk, karena ini adalah acara rakyat maka siapapun warga desa Suwaduk berhak mengikutinya dengan membawa alat pancing sendiri dan hasilnya boleh langsung dibawa pulang.

 

Masih menurut Bagas D untuk semua fasilitas mancing bersama sudah selesai kesemuanya termasuk ilan yang pagi ini sudah ditebar dan dilakukan penimbangan. Penimbangan dilakukan atas permintaan warga yang ingin meyakinkan diri bahwa ikan yang ditebar sesuai dengan jumlah yang dianggarkan pemdes. Permintaan penimbangan ulang terkesan kurangnya kepercayaan warga terhadap panitia. Hal tersebut muncul dimungkinkan karena budaya kurang kepercayaan warga terhadap pemerintah desa sebelumnya.

 

Perlahan namun pasti selaku PJ kepala Desa Suwaduk pihaknya akan membenahi segala kekurangan yang ada di pemerintahanya dan mengajak seluruh warga untuk berperan aktif dalam pembangunan desa. Termasuk dalam hal pendidikan, PJ Kepala deaa Suwaduk juga bersedia untuk dilibatkan misalnya dalam hal kepramukaan. Posisi kepala desa di kepramukaan adalah sebagai kepala majelis pembimbing desa (Kamabides). Sehingga anggota pramuka yang ada di desa tersebut berhak memdapatkan bimbingan berupa fisik maupun non fisik dari kepala desa setempat, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Mari Mancing Bersama (Sedekah Bumi Desa Suwaduk 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *