Thursday, 22-02-2024 05:37:04 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Kabar Inspiratif: Berani Pensiun Dini Demi Mengembangkan Usaha Peternakan

Kabar Inspiratif: Berani Pensiun Dini Demi Mengembangkan Usaha Peternakan

(645 Views) November 2, 2019 1:38 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Kudus. Kandang ayam broiler kapasitas 14.000 milik pemuda asal desa Kandangmas, Dawe – Kudus minginjak umur 9 hari proses pemeliharaan pada hari Sabtu, 2 November 2019 yang membuat Kolil pemuda kelahiran 30 tahun silam berani pensiun dini.

 

Foto: Kolil Pengusaha Ayam Broiler



 

Sulitnya mencari lapangan pekerjaan yang dialami sebagian orang, menjadikan berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan tersebut. Bahkan sering kita dengar kata sogok menyogok kerap kali dilakukan agar seseorang lolos dalam seleksi melamar pekerjaan.

 

Lain halnya yang dilakukan oleh salah seorang pemuda yang sering disapa Kolil Alumni SMK Farming Pati tahun 2007 silam. Meskipun sudah mendapatkan posisi yang nyaman serta gaji yang jauh lebih tinggi dibanding UMR setempat diperusahaan swastanya, pihaknya rela memilih mengundurkan diri untuk mengembangkan usaha peternakan ayam broiler.

 

Usaha yang telah dirintis beberapa tahun silam tersebut kini terus berkembang pesat. Dari memiliki kandang broiler dengan sitem open house kini dia sudah dapat mengembangka usahanya dengan merenovasi kandang menjadi sitem close house dengan kapasitas 14.000 ekor dan tidak lama lagi akan bertambah menjadi 20.000 ekor.

 

Menurut Kolil dalam mengawali usahaya memang dibutuhkan modal yang cukup. Akan tetapi usaha yang dilakukan menyesuaikan modal yang dimiliki, sehingga dalam mengawalinya cukup dengan modal yang ada dulu.

 

Sedangkan dalam pengembanganya masih sambung Kolil, pihaknya menyisihkan keuntungan dari usahanya tersebut dan dari tabungan gaji di perusahaan, sehingga dalam waktu yang relatif singkat dia mampu mengembangkan usahanya.

 

Dengan menekuni usaha ayam broiler sistem kemitraan, Kolil mendapatkan keuntungan rata-rata Rp. 4.000,- dalam satu siklus produksi yaitu kurang lebih 2 bulan. Dengan dikurangi biaya produksi sebesar Rp. 2.000,- pihaknya masih mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp. 2.000,- per ekor. Sehingga hasil yang didapatkan dalam satu kali siklus produksi sebanyak Rp. 28.000.000,- per dua bulan atau sekitar Rp. 14.000.000,- per satu bulan atau setara empat kali gaji pokok ASN golongan IVD.

 

Dalam penutupan wawancara dengan tim Suarapatinews, Kolil menyampaikan kepada seluruh pemuda di Indonesia agar tidak ragu dalam mengawali sebuh usaha. Tantangan dan rintangan tentu ada, namun dengan adanya kesungguhan dan keuletan serta diiringi usaha keras dan doa niscaya semua rintangan akan terlalui,( Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Kabar Inspiratif: Berani Pensiun Dini Demi Mengembangkan Usaha Peternakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *