Friday, 03-12-2021 07:26:09 pm
Home » Pendidikan » Puluhan Siswa MA Sultan Agung Sukolilo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Puluhan Siswa MA Sultan Agung Sukolilo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

(1225 Views) November 18, 2019 4:15 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Puluhan siswa Madrasah Aliyah Sultan Agung Sukolilo yang tergabung dalam organisasi “Fahimna” mengikuti pelatihan jurnalistik bersama pimpinan redaksi Suara Pati News di ruang Mushola YAPPI Sultan Agung pada Senin, (18/11).

 

Foto Bersama Setelah Penyampaian Materi



 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Moh Siroj Fajri, S.Ag, S.Pd.I dengan didampingi pembimbing organisasi tersebut Moh Syamsul Arifin, S.Pd.I mengajak peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut agar dapat memperdalam kemampuan menulis terutama dalam hal jurnalistik.

 

Dalam sambutanya Moh Siroj Fajri, S.Ag, S.Pd.I menyampaikan kepada peserta latihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga kelak dapat menjadi insan pers yang berkompeten dan dapat menyajikan berita secara faktual dan berimbang serta menarik untuk dibaca.

 

Lebih lanjut beliau mencontohkan beberapa sekolah atau madrasah yang telah sukses membuat tulisan baik cetak maupun elektronik secara berkesinambungan, sehingga patut dicontoh sebagai bahan pembelajaran serta mengangkat nama baik madrasah.

 

Sedangkan dalam penyampaian materi, Andik Aristiawan, SP selaku nara sumber menekankan bahwa dalam tulisan jurnalistik harus mengandung beberapa unsur diantaranya adalah tulisan yang dibuat didalamnya mengandung unsur 5W + 1H yaitu (What, Who, When, Why, Where dan How).

 

Dalam lanjutan materi Andik Aristiawan, SP mengungkapkan, dalam tulisan jurnalistik harus memenuhi syarat-syarat lain yaitu harus berdasarkan fakta, aktual, berimbang, lengkap, akurat, sistematis, menarik, dan mudah difahami.

 

Kegiatan yang berjalan kurang lebih 60 menit tersebut diikuti oleh peserta latihan dengan penuh hikmat dan perhatian. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan dari peserta kepada narasumber tentang hal-hal yang kurang difahami.

 

Pada akhir penyampaian materi Andik Aristawan, SP selaku pimred akan memilih beberapa peserta yang nantinya akan dijadikan koresponden Suara Pati News di wilayah kecamatan Sukolilo dan sekitaranya sebagai ajang untuk berlatih menjadi seorang wartawan, (Team).

Published by

Categorised in:

No comment for Puluhan Siswa MA Sultan Agung Sukolilo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *