Tuesday, 07-12-2021 06:43:28 am
Home » Daerah » Uncategorized » Tiga Unit Kandang Ayam di Wedarijaksa Roboh Akibat Terpaan Angin Kencang

Tiga Unit Kandang Ayam di Wedarijaksa Roboh Akibat Terpaan Angin Kencang

(475 Views) December 11, 2019 10:20 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Sebanyak tiga unit kandang ayam pedaging roboh diterjang hujan yang disertai angin kecang di desa Suwaduk, kecamatan Wedarijaksa – Pati pada Rabu, (11/12) sekitar pukuk 13:00 kemarin.

Kandang Ayam Roboh Akibat Terpaan Angin Kencang di Desa Suwaduk, Wedarijaksa, Pati



Datangnya awal musim hujan membawa dampak musibah di beberapa wilayah di kabupaten Pati. Desa Suwaduk merupakan salah satu yang terdampak dengan korban yang berhasil diidentifikasi berupa robohnya beberapa kandang ayam dan rusaknya sebagian atap warga.

 

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

 

Salah satu korban yang mengalami kerugian paling banyak yaitu kandang ayam pedanging komersial milik salah satu warga di sisi utara desa. Kandang dengan populasi 8.000 ekor ayam tersebut rata dengan tanah.

 

Kerugian cukup besar dikarenakan saat terjadi bencana umur ayam di dalam kandang berusia 25 hari dan hanya sedikit ayam yang bisa diselamatkan, karena saat evakuasi dilakukan pada malam hari dengan mengandalakan peralatan seadanya dan minim pencahayaan.

 

Menurut Sugito yang merupakan tehnical service (TS) dari perusahaan kemitraan ayam yang menangani kandang tersebut, kerugian sapronak diperkirakan mencapai angka 200 juta rupiah.

 

kerugian terbesar desebabkan karena ayam sudah menginjak umur akhir, sehingga sarana produksi ternak (sapronak) yang dikeluarkan perusahaan sudah banyak diberikan, sambung Sugito.

 

Namun pihaknya masih berharap kerugian dapat diminimalkan dengan melakukan evakuasi ayam untuk dapat dijual walaiupun pihaknya mengalami kesulitan dengan minimnya tenaga dan alat tandas Sugito.

 

Sedangkan kerugian kandang dan peralatan ditaksir mencapai 300 juta rupiah dengan hancurnya 100% kandang dan peralatan, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Tiga Unit Kandang Ayam di Wedarijaksa Roboh Akibat Terpaan Angin Kencang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *