Friday, 21-01-2022 08:32:25 pm
Home » Pendidikan » Sadhan SMK Farming Dilaksanakan Secara Online

Sadhan SMK Farming Dilaksanakan Secara Online

(372 Views) May 15, 2020 10:23 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Kegiatan Pesantern Ramadhan (Sadhan) yang biasnaya lazim dilaksanakan di sekolah secara berjamaah, kini dilakukan SMK Farming Pati dari rumah masing-masing guna mematuhi aturan pemerintah berkenaan dengan protokoler pencegahan penularan Covid-19.

 



 

Belajar dari Rumah (BDR). Suatu kenyataan yang harus dihadapi ketika terjadi pandemic covid-19. Adaptasi segera dilakukan, walau dengan tertatih-tatih pada awalnya, Alhamdulillah semua bisa dikondisikan unt berjalan dengan lancar.

Tantangan untuk berpikir kreatif muncul ketika memasuki bulan Ramadhan. Walau belum melalui survey, kepatuhan siswa dalam menjalankan syariah agama masih perlu bimbingan dan pendampingan.

Pesantren Ramadhan di Rumah atau selanjutnya disebut “SANDHAN Farming di Rumah”, konsepnya diusulkan oleh Moch Syofii S.Pd, guru Agama SMK Farming Pati. Syofii mengusulkan terkait dengan waktu, dilaksanakan secara blok selama 3 hari berturut-turut yakni tanggal 27 sampai 29 Mei 2020 jam 10.00 WIB sampai selesai dengan mengangkat sebuah tema yang berbeda-befa setiap harinya, untuk hari senin tanggal 27 mei 2020 tema belajar membaca tartil Q.S. Al Baqarah ayat 1-7, hari selasa tanggal 28 Mei 2020 tema kajian ilmu fiqh, dan untuk hari terakhir rabu tanggal 29 Mei 2020 tema kajian ilmu Akhlaq dan Tasawuf. Media yang digunakan Instagram dengan model Live Streaming, harapannya bisa dilakukan Tanya jawab setiap dilakukan live streaming. Acaranya seperti pada leaflet berikut yang dipublikasikan seminggu sebelumnya melalui social media sekolah.

Melengkapi kegiatan Sandhan Farming di Rumah, Peserta Didik diminta mengumpulkan foto kegiatan membaca Al-Quran, Buka Puasa dan Sholat Taraweh di rumah bersama keluarga serta mengisi form jurnal kegiatan selama bulan Ramadhan.

Suatu model pembelajaran baru yang muncul akibat keberadaan covid 19 yang mengharuskan peserta didik belajar dari rumah. Hikmah yang muncul adalah Guru maupun Peserta Didik dipaksa menggunakan teknologi dalam berinteraksi menjalankan tugas belajar di masa pandemi, (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Sadhan SMK Farming Dilaksanakan Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *