Saturday, 15-06-2024 11:06:46 am
Home » Pendidikan » SMK Farming Pati Berhasil Cetak Petani Sukses

SMK Farming Pati Berhasil Cetak Petani Sukses

(870 Views) May 15, 2020 12:54 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Dewasa ini  profesi petani masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Anggapan petani kotor, miskin, hingga cenderung kampungan masih melekat di benak kaum muda. Hal tersebut menyebabkan jarang sekali anak-anak muda yang memiliki cita-cita menjadi petani. Sehingga pelaku usaha pertanian didominasi oleh usia 40 tahun ke atas.

Melalui sistem pendidikan yang berbasiskan ilmu peternakan, SMK Farming Pati yang memiliki dua program keahlian yaitu Agribisnis Ternak Unggas (ATU) dan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) juga memberikan bekal kepada peserta didiknya melalui mata pelajaran pertanian.

Pada mapel pertanian, peserta didiknya diberikan dasar-dasar ilmu pertanian yang meliputi perbanyakan tanaman, pembuatan media tanam, hingga pasca panen. Selain itu peserta didik juga diberikan wawasan dan motivasi untuk menjadi pelaku bisnis pertanian ketika lulus sekolah, karena bahan pangan akan selalu dibutuhkan masyarakat, sehingga usaha bertani tidak akan lekang dimakan zaman.



Beberapa contoh alumni SMK Farming Pati yang suksen menjajaki bisnis pertanian diantaranya adalah Nurul Huda. Alumni tahun 2007 asal desa Bageng, Gembong, Pati ini sukses menjalankan bisnis di bidang pertanian melalui budidaya jeruk Pamelo Bageng dari mulai jual beli bibit hingga buahnya.

Usaha yang dirintis sejak empat tahun yang lalu kini membuahkan hasil yang lumayan bagus, hingga memiliki omset puluhan juta rupiah per bulanya dan memiliki puluhan karyawan.

Dengan menggunakan brand “Bandar Pamelo”, Nurul Huda seorang bapak satu anak ini berhasil membesarkan usahanya, bahkan saat ini pangsa pasarnya sudah menjangkau ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, hingga kota-kota di Sumatera.

Menurut Nurul Huda, minat bertani didapatkanya semenjak dia menempuh pendidikan di SMK Farming Pati beberapa tahun lalu melalui guru pembimbing yang memberikan ilmu-ilmu pertanian serta motivasi tentang prospek pertanian ke depan.

Satu lagi alumni SMK Farming Pati yang sukses dalam menjalankan bisnis pertanian diantaranya adalah Andik Aristiawan. Alumni tahun 2005 yang berasal dari desa Suwaduk, Wedarijaksa, Pati ini menjalankan usaha pertanian sejak enam tahun yang lalu melalui komunitas yang dipimpinya yaitu “Semut Ijo”.

Salah satu bidang usaha yang dimiliki komunitas “Semut Ijo” diantaranya adalah budidaya tanaman tebu yang hingga kini memiliki lahan garapan sekitar empat hektar dan rencananya akan dikembangkan hingga delapan hektar dua tahun mendatang.

Selain usaha di bidang tanaman tebu, komunitas “Semut Ijo” juga banyak memiliki usaha lainya di bidnag pertanian, diantaranya adalah kemitraan pisang, budidaya singkong, jual beli bibit dan buah, dan lain sebagainya.

Selain dua figur di atas masih banyak lulusan SMK Farming Pati yang sukses menjalankan usaha di bidang pertanian baik menjadi usaha utama atau usaha sampingan, (Andik).

 

Published by

Categorised in:

No comment for SMK Farming Pati Berhasil Cetak Petani Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *