Monday, 03-10-2022 09:05:46 pm
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN UIN Walisongo Giat Posyandu di Desa Suwaduk

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Giat Posyandu di Desa Suwaduk

(245 Views) October 23, 2020 6:19 am | Published by | No comment

Suarapatinews. PATI – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ikut Serta dalam Kegiatan Posyandu di desa Suwaduk Wedarijaksa
Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu) merupakan kegiatan peduli kesehatan pada anak usia dini yang diselenggarakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan pemerintah, Jum’at tgl (23/10/20).

Mahasiswa KKN UIN Walisongo bantu ibu Eni bidan desa dalam pelayanan kesehatan ibu dan balita.

Posyandu dilakukan untuk melayani balita melakukan imunisasi, menimbang berat badan, serta mengukur tinggi badan.



Posyandu ini merupakan kegiatan yang wajib dibidang kesehatan yang dilakukan setiap bulan sekali dan yang bertanggung jawab adalah Kepala Desa.

Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) UIN Walisongo Semarang adalah ikut serta dalam pendampingan kegiatan masyarakat dibidang kesehatan.

Tujuan dari posyandu adalah menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), memberikan penyuluhan tentang asupan gizi dan pemberian ASI yang baik dan benar, menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan balita agar balita tidak ada yang mengalami kekurangan gizi.

Kegiatan posyandu ini diadakan di dekat rumah Kepala desa Suwaduk, Hari Kamis, 15 Oktober 2020.

Kegiatan posyandu dimulai pukul 08.00-11.00 WIB, balita yang mengikuti kegiatan posyandu sebanyak 70 lebih anak.

Ibu Eni sebagai Bidan yang bertugas di desa Suwaduk dan terdapat beberapa petugas posyandu dari desa Suwaduk yang membantu proses kelancaran kegiatan posyandu tersebut.

Kegiatan posyandu tersebut diawali dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan anak, dan memberikan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Buku KIA ini berisi catatan kesehatan ibu dari sejak hamil, melahirkan, sampai masa nifas serta catatan kesehatan anak, dan juga ada tata cara bagaimana merawat ibu dan anak dengan cara yang baik dan benar.

Posyandu ini diakhiri dengan berkonsultasi mengenai gizi dan perkembangan anak kemudian pemberian vitamin. (Miya Karlina)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN UIN Walisongo Giat Posyandu di Desa Suwaduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *