Monday, 17-06-2024 05:23:57 pm
Home » Pendidikan » Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer

(327 Views) November 18, 2020 12:44 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang kelompok 19 mengadakan pelatihan pembuatan Handsanitizer bersama karang taruna RW 3 desa Pedawang, kecamatan Bae, kabupaten Kudus.

Kegiatan ini dilaksanakan pada (07/11/20) di Balai Desa RW 3 kelurahan Pedawang kabupaten Kudus.



Pada kegiatan ini, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang kelompok 19 mengedukasi masyarakat sekitar agar di masa pandemi ini bisa membuat hand sanitizer sendiri dengan alat dan bahan yang mudah kita temukan di pasaran, seperti Alkohol 70% yang bisa kita jumpai di apotek, serta aloevera gel yang biasa kita gunakan untuk produk kecantikan.

“Tujuan dari pelatihan ini sendiri yaitu untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga mengingat harga hand sanitizer di pasaran yang sangat tinggi, selain itu juga untuk meningkatkan produktifitas masyarakat agar tidak jenuh ketika melakukan WFH (Work From Home),” kata Bachrul Ulum selaku Koordinator KKN kelompok 19.

Dalam pelatihan tersebut, mahasiswa KKN kelompok 19 mengajarkan bagaimana cara membuat handsanitizer menggunakan bahan kimia.

Kelebihan yang dimiliki dari bahan kimia tersebut adalah mampu bertahan lebih lama bahkan sampai 1-2 bulan, tetapi menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit jika digunakan berlebihan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi karang taruna dan semoga ilmu yang didapat dari pelatihan ini dapat di tularkan kepada masyarakat lain terutama lingkungan keluarga agar dapat membuat handsanitizer sendiri dirumah,” ujar Hasan kretua karang taruna desa Pedawang.

Ia juga menambahkan selama masa pendemi ini harga hand sanitizer cukup mahal sehingga jika bisa membuat sendiri di rumah, maka bisa mengurangi pengeluaran keluarga.

Dalam kegiatan pelatihan handsanitizer ini mahasiswa KKN kelompok 19 dan karang taruna RW 3 Kelurahan Pedawang tetap menaati protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.
(Eka Farah)

Published by

Categorised in:

No comment for Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *