Tuesday, 03-10-2023 11:29:46 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Pariwisata Indonesia Oleh Sholikhul Isma Al Khasanah

Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Pariwisata Indonesia Oleh Sholikhul Isma Al Khasanah

(266 Views) November 10, 2020 2:24 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com РPati. Jumlah pasien yang positif terpapar Covid-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Sehingga tidak hanya berdampak pada masyarakat tetapi juga berdampak pada ekonomi negara terutama ekonomi pariwisata.


Sektor pariwisata Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak paling besar akibat Covid-19. Seperti sektor pariwisata dan sektor penerbangan sangat berkaitan erat karena Indonesia sebagai tujuan wisata dunia seperti Jakarta, Bali, Yogyakarta dan daerah lainnya akan mengalami penurunan wisatawan asing. Sehingga, sektor pariwisata dan sekitarnya mengalami kerugian. Berikut ini dampak Covid-19 terhadap ekonomi pariwisata Indonesia.
Pertama, dalam sektor pariwisata target kunjungan wisatawan mancanegara oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam tahun 2020 ini sebanyak 17 juta orang. Namun, karena Covid-19 target jumlah pengunjung di tahun 2020 harus mengalami penurunan. Akibatnya ekonomi pariwisata dan pendapatan masyarakat sekitar tempat wisata juga ikut menurun.
Kedua, dalam sektor penerbangan kunjungan wisatawan mancanegara berkurang sehingga banyak industri penerbangan mengalami kerugian yang lumayan besar.
Ketiga, dalam sektor hunian hotel juga mendapat akibat yang cukup besar. Pasca Covid-19 jumlah penghuni hotel melati sampai hotel berbintang tiga sampai bintang lima sebagian besar mengalami kekosongan pengunjung di seluruh Indonesia. Sebagai contoh diantaranya ratusan hotel yang mayoritas berada di Kabupaten Bandung, Bali saat ini mengalami kosong kamar sampai lebih dari 90 persen.
Terakhir, sektor biro perjalanan yang terhenti karena tidak memiliki wisatawan asing dan wisatawan domestik akibatnya banyak para supir biro perjalanan menganggur.
Seperti kita ketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pernah menyebut potensi kerugian di sektor pariwisata akibat serangan Covid-19 mencapai 2,8 miliar US dolar atau sekitar Rp 38,2 triliun.
Semoga ditemukan formula yang terbaik dalam mengatasi kelesuan pariwisata dunia, karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi sepuluh persen terhadap PDB dan devisa terbesar kedua setelah devisa hasil ekspor kelapa sawit.

Published by

Categorised in:

No comment for Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Pariwisata Indonesia Oleh Sholikhul Isma Al Khasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *