Friday, 21-01-2022 07:44:04 pm
Home » Pendidikan » Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”

(185 Views) November 20, 2020 1:44 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Ekonomi sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Dapat dipastikan dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu bersinggungan dengan kebutuhan ekonomi, Jumat tgl (20/11/20).

Keberadaan ekonomi dapat memberikan kesempatan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti sandang, pangan, dan papan.



Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga merupakan faktor yang sangat mendukung dalam pembangunan nasional, dengan pertumbuhan ekonomi yang baik akan dapat meningkatkan pembangunan nasional pula.

Sektor ekonomi di negara Indonesia saat ini sedang mengalami masalah yang serius setelah indonesia mengonfirmasi kasus pertamanya tentang infeksi virus corona yang berasal dari Wuhan, China pada awal maret 2020.

Sejak saat itu, berbagai upaya penanggulangan dilakukan oleh pemerintah untuk meredam dampak dari pandemi virus corona ini.

Tak hanya sektor ekonomi saja yang terdampak, sektor kesehatan pun juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona ini.

Dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat, menjadikan perjalanan bisnis sangat berpengaruh yang kemudian berimbas pada perekonomian.

Pemerintah melalui Kementrian Keuangan telah mencatat setidaknya ada beberapa dampak utama atas merebaknya virus corona bagi perekonomian Indonesia, mulai dari ketenagakerjaan hingga kinerja industri.

Dampak ini secara masif telah meluluh lantahkan sendi-sendi dan perekonomian indonesia. Berikut pengaruh atas merebaknya virus corona bagi perekonomian indonesia ;

Meluasnya PHK, pandemi ini telah membawa kesengsaraan yang semakin meluas terhadap para pekerja formal dan informal yang menjadikan para pekerja sebagai pengangguran.

Sektor Industri, pertama, Industri manufaktur menerima dampak yang cukup besar akibat virus corona, khusunya manufaktur otomotif.

Kemudian industri garment yang memberlakukan pengurangan atas kepadatan karyawan yaitu dengan teknis dua pekan kerja dua pekan libur guna untuk mengurangi penyebaran virus corona, hal tersebut sangat berdampak sekali tentunya kepada SDM dan berdampak pada menurunnya produksi sehingga pihak perusahaan bisa mengalami kerugian yang akhirnya berujung pada PHK.

Kedua, seperti industri perfilman yang mengurangi proses syuting, serta industri media dan pers yang terhambat pekerjaannya untuk mencari konten dan berita.

Ketiga, industri sektor jasa hanya sedikit hambatan yaitu orderan jasa yang menurun akan tetapi masih bisa di atasi.

Sektor Pariwisata dan penerbangan sektor pariwisata dan penerbangan yang sepi akan pengunjung dan penumpang dikarenakan pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing.

Menurunnya jumlah wisman
kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) memberikan pengaruhbesar terhadap ekonomi dalam negeri, dan virus corona ini telah memberikan pengaruhnya yang sangat masif, tak tanggung-tanggung kunjungan wisatawan mancanegara turun sangat drastis.

Pemerintan membuat kebijakan terkait pandemi ini, dengan Social Distancing (Pembatasan Sosial) yaitu serangkaian tindakan untuk pengendalian infeksi virus corona yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat jalannya penularan penyakit.

Tujuan dari pembatasan sosial ini adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang yang sudah terkena infeksi virus corona dengan orang yang tidak terinfeksi, sehingga dengan diberlakukan pembatasan sosial tersebut dapat meminimalkan penularan penyakit, contohnya seperti penutupan sekolah, tempat kerja, menutup atau membatasi transportasi umum.

Kemudian kebijakan atas kelonggaran membayar kredit dengan pemerintah memberikan sejumlah insentif untuk kelompok UMKM di antaranya kelonggaran membayar kredit hingga satu tahun.

Selain itu, pemerintah membuat kebijakan untuk belajar dari rumah.

Kementrian Pendidikan memberikan sejumlah acuan untuk pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah selama pandemi ini.

Untuk menunjang proses kegiatan belajar dari rumah ini Kemendikbud sudah melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, dan XL untuk dapat mengakses aplikasi ataupun website belajar. (Muna Nabilah)

Published by

Categorised in:

No comment for Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *