Friday, 03-12-2021 06:42:16 pm
Home » Daerah » Dr. Eko Sugihanto : Olahraga Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh di Masa Pandemi

Dr. Eko Sugihanto : Olahraga Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh di Masa Pandemi

(211 Views) November 26, 2020 3:34 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Olahraga yang cocok untuk jaga Imunitas di masa Pandemi adalah dengan olahraga ringan seperti joging atau bersepeda.

Olahraga sebagai sarana menjaga kebugaran dimasa pandemi covid-19.

Masa pandemi covid yang masih berlangsung sampai hari ini memang menuntut kita untuk lebih waspada dalam banyak hal, termasuk untuk memilih jenis olahraga yang cocok untuk menjaga imunitas tubuh di masa-masa sekarang, kamis tgl (26/11/20).



Pada dasarnya terdapat dua jenis olahraga yang cocok dilakukan di saat wabah virus corona menyebar yaitu olahraga yang bertujuan untuk membentuk otot, atau kedua olahraga yang bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan meningkatkan imunitas tubuh.

Hal tersebut dikatakan oleh dokter spesialis penyakit dalam RS Mitra Bangsa, Eko Sugihanto.

“ Jika tujuannya untuk bikin jantung sehat, olahraga cukup dilakukan 20-30 menit. Tapi kalau untuk meningkatkan imun, olahraga setidaknya dilakukan selama 1 jam.” Ujar Eko.

Eko menambahkan, olahraga tersebut sebaiknya rutin dilakukan 3 kali dalam seminggu, dan maksimal 5 kali.

Alasannya adalah, ketika kita berolahraga maka tubuh kita mengeluarkan radikal bebas, dimana untuk menghilangkannya butuh waktu dua hari.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraganya. Olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung dapat diperoleh melalui olahraga ringan seperti naik sepeda, jogging ataupun jalan.

Karena olahraga berat justru berpeluang menurunkan imunitas tubuh bahkan merusak kekebalan tubuh.

Hal ini senada dengan Aisyah Nur Syifa dokter Spesialis Paru RS Mitra Bangsa, menurutnya untuk menjaga tubuh tetap bugar cukup dengan olahraga aerobic.

“ Seperti bersepeda di tempat datar, jalan kaki, berenang di kolam pribadi, sepeda statis, atau olahraga dengan ritme teratur, sehingga kebutuhan oksigen juga teratur.” Pungkas Aisyah.

Di Lingkungan RS Mitra Bangsa sendiri terbentuk kelompok olahraga kecil yang akrab disapa MBCC, Mitra Bangsa Cycle Club.

Tim ini beranggotakan karyawan internal rumah sakit yang memiliki hobi bersepeda.

Sebelum musim penghujan datang, in group MBCC gowes setiap hari senin, rabu, jumat dan sabtu sore setelah bubar jam kantor.

Namun, dikondisi saat ini mereka menantikan hari cerah agar bisa bersama-sama gowes kembali. (Ernesto)

Published by

Categorised in:

No comment for Dr. Eko Sugihanto : Olahraga Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *