Friday, 20-05-2022 11:18:10 am
Home » Daerah » Uncategorized » Implementasi Sikap Moderasi Beragama dalam Masyarakat Sebagai Upaya Penyatuan NKRI Oleh Priskilia Nursafitri

Implementasi Sikap Moderasi Beragama dalam Masyarakat Sebagai Upaya Penyatuan NKRI Oleh Priskilia Nursafitri

(418 Views) November 9, 2020 11:42 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Negara kita merupakan negara yang warga negaranya memiliki berbagi macam perbedaan, mulai dari perbedaan suku, ras, kebudayaan dan juga agama. Semua perbedaan tersebut jika disikapi dengan baik dapat menjadikan kekayaan dan rahmat bagi negara kita, tetapi sebaliknya perbedaan tersebut dapat menjadi ancaman besar bagi negara kita jika kita tidak dapat menyikapinya dengan baik.

Dalam masyarakat Indonesia, sikap keberagamaan yang ekslusif yang hanya mengakui kebenaran dan keselamatan secara sepihak tentunya dapat menimbulkan pergesekan antar umat beragama. Maka untuk menghindari ketidakharmonisan, gesekan, dan perpecahan perlu ditumbuhkan dan diterapkan sikap beragama yang terbuka yang disebut juga sikap moderasi beragama. Moderasi sendiri berarti moderat, yaitu lawan dari ekstrem atau berlebihan dalam menyikapi perbedaan dan keberagaman. Moderat Secara umum, berarti mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan, moral, dan watak, baik ketika memperlakukan orang lain sebagai individu, maupun ketika berhadapan dengan institusi negara.
Kesadaran dan pemahaman tentang keragaman budaya (multi-kultural) khususnya keragaman beragama semakin dibutuhkan masyarakat. Penyuluh agama sebagai pelayan publik selayaknya memiliki kompetensi dan melakukan gerakan moderasi untuk meningkatkan kedamaian umat, dengan demikian moderasi beragama merupakan sebuah jalan tengah di tengah keberagaman agama di Indonesia. Moderasi merupakan budaya Nusantara yang tidak saling menegasikan antar agama dan tidak saling mempertentangkan namun mencari penyelesaian dengan toleran.
Moderasi harus dipahami sebagai komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna, di mana setiap warga masyarakat, apapun suku, etnis, budaya, agama, dan pilihan politiknya harus saling mendengarkan satu sama lain serta saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan di antara mereka.
Ketika kita bersikap intoleran terhadap orang yang berbeda keyakinan dengan kita dengan anggapan bahwa agama kita adalah agama yang paling benar, hal tersebut justru dapat menyulut api perpecahan yang dapat mengancam persatuan negara kita. Maka dari itu sikap moderasi beragama sangat penting kita tanamkan mulai dari diri kita terlebih dahulu, kemudian dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi antar umat beragama dapat diterapkan mulai dari hal-hal kecil misalnya seperti saling tolong menolong tanpa memandang perbedaan agama yang ada. Dari hal kecil terebut akan membuat sebuah dampak yang sangat baik untuk kesatuan NKRI, karena dapat mengindarkan dari hal-hal yang menyebabkan perpecahan.



Published by

Categorised in:

No comment for Implementasi Sikap Moderasi Beragama dalam Masyarakat Sebagai Upaya Penyatuan NKRI Oleh Priskilia Nursafitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *