Monday, 17-06-2024 04:10:52 pm
Home » Hidayah » KKN DARI RUMAH, MAHASISWA UIN WALISONGO LAKUKAN PENGUKURAN ARAH KIBLAT

KKN DARI RUMAH, MAHASISWA UIN WALISONGO LAKUKAN PENGUKURAN ARAH KIBLAT

(470 Views) November 17, 2020 1:50 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. KUDUS – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler dari RUmah (KKN-RDR) angkatan 75 Unniversitas Islam Negri Walisongo Semarang, Sani Muhammad Asnawi melakukan Pengukuran Arah Kibalat Musholla Balai Desa Pedawang, Bae, Kudus pada Senin (16/11/20).

Pengukuran arah kiblat di musholla desa Pedawang Bae Kudus.

Kegiatan pengukuran arah kiblat ini selain sebagai pengaplikasian teori yang sudah di pelajari selama kuliah juga merupakan tugas program Kerja Individu Sani Muhammad Asnawi selaku Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo Semarang.



Hal ini juga merupakan inisiatif dari Mahasiswa KKN karena belum ada petunjuk arah kiblat di Musholla balai desa tersebut.

“Dari apa yang saya lihat, orang-orang yang shalat di musholla balai desa tersebut hanya mengikuti arah bangunan ketika melaksanakan shalat, dan saya rasa hal itu dikarenakan belum ada petunjuk mengenai arah kiblat yang benar.

Maka dari itu saya berinisiatif membuat program kerja pengukuran arah kiblat,” ungkap mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut.

Sani mengungkapkan bahwa kegiatan pengukuran arah kiblat ini dirasa sangat penting sekali karena dalam melakukan ibadah shalat, seorang muslim sebaiknya menghadap kiblat dengan arah yang benar menurut perhitungan, bukan hanya dengan mengikuti arah bangunan ataupun dugaan semata.

Ia berharap setelah dilakukan pengukuran arah kiblat orang-orang yang sholat di musholla balai desa tersebut dapat sholat dengan lebih khusyu’ lagi.

Andi selaku perangkat desa pedawang menyampaikan banyak Apresiasi kepada Mahasiswa KKN dengan diadakannya pengukuran arah kiblat musholla ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa kkn yang sudah melakukan pengukuran arah kiblat pada musholla ini, karena biasanya saya hanya shalat mengikuti arah bangunan, dan ternyata arah yang tepat sesuai perhitungan seperti ini,” Ujarnya. (Sani Muhammad Asnawi)

Published by

Categorised in:

No comment for KKN DARI RUMAH, MAHASISWA UIN WALISONGO LAKUKAN PENGUKURAN ARAH KIBLAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *