Friday, 03-12-2021 07:44:42 pm
Home » Daerah » Uncategorized » KKN Diera Pandemi, Mahasiswa UIN Walisongo Mengadakan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia Dini

KKN Diera Pandemi, Mahasiswa UIN Walisongo Mengadakan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia Dini

(117 Views) November 10, 2020 7:22 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengadakan bimbingan belajar (bimbel) gratis bagi anak usia dini di rumahnya yang beralamat di Desa Sambilawang, Trangkil, Pati pada Selasa (10/11/2020).
“Mewabahnya COVID-19 di Indonesia menyebabkan sistem pendidikan menurun drastis, sehingga saya ingin membantu anak-anak dalam mempertahankan mutu pendidikan yaitu dengan mengadakan bimbel gratis di rumah,” tutur Fifin.


Fifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi ketertinggalan anak-anak dalam memahami pembelajaran. Bimbingan Belajar ini diikuti kurang lebih 20 peserta didik dibagi menjadi 2 shift, dimana setiap shift diikuti oleh 10 peserta didik. Tujuan dari pembagian shift sendiri adalah untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19.
Menurut Atik, sapaan guru TK Sambilawang, kebijakan pemerintah memberlakukan Study From Home bagi anak-anak usia dini kurang efektif. Karena mereka belum memahami tentang IT.
“Bimbingan belajar yang diadakan oleh mahasiswa UIN Walisongo Semarang ini sangat membantu untuk mengatasi ketertinggalan anak usia dini yang belum bisa membaca dan menulis ”, ungkap salah satu guru TK Pertiwi Sambilawang.
Adapun model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa UIN Walisongo dalam bimbingan belajar ini adalah menggunakan model pembelajaran SCL (Student Center Learning). Dengan tujuan membangun mental anak dan juga agar lebih percaya diri saat anak menyampaikan pendapat di depan teman-temannya.
Guru TK Pertiwi Sambilawang, Nur Hidayati sangat mengapresiasi mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam mengadakan bimbingan belajar bagi anak usia dini. Menurutnya, bimbingan belajar ini sangat interaktif dan menyenangkan.

Published by

Categorised in:

No comment for KKN Diera Pandemi, Mahasiswa UIN Walisongo Mengadakan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *