Tuesday, 17-05-2022 10:55:44 am
Home » Kabar Desa » Lestarikan Tradisi Maulidan di Desa Pedawang, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikuti Proses Penyembelihan Hewan

Lestarikan Tradisi Maulidan di Desa Pedawang, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikuti Proses Penyembelihan Hewan

(280 Views) November 17, 2020 7:26 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Masyarakat desa Pedawang bersama Mahasiswa KKN UIN Walisongo hadiri proses penyembelihan hewan kerbau untuk memperingati acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Busro Karim, Pedawang, Bae Kudus (28/10).

Tradisi penyembelihan hewan kerbau ini dilaksanakan setiap bulan maulid untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal.



Selain itu, tradisi penyembelihan hewan kurban bertujuan untuk sedekah bumi dan doa bersama untuk keselamatan, keamanan dan kesejahteraan warga desa Pedawang.

Acara tersebut dihadiri oleh warga desa Pedawang, pengurus Masjid Busro Karim, tim KKN UIN Walisongo kelompok 19 serta pemerintah desa Pedawang.

“Serangkaian acara peringatan Maulid Nabi di desa Pedawang dimulai dari penyembelihan hewan kerbau di pagi hari lalu dibagikan ke semua warga desa Pedawang, dan malam harinya dilanjutkan acara Kenduri dan Doa Bersama,“ kata Muhammad Zubaidi sebagai Nadzir Masjid Busro Karim

Rukani sebagai Kepala Sie. Kesejahteraan desa Pedawang menambahkan tradisi peringatan Maulid Nabi ini selalu berupa penyembelihan hewan kerbau karena turun temurun dari nenek moyang desa Pedawang.

“Selama ini warga desa pedawang belum pernah meninggalkan tradisi penyembelihan hewan kerbau sehingga dengan berjalannya acara tersebut, setiap tahun membuktikan bahwa masyarakat desa Pedawang selalu melestarikan tradisi setiap bulan Maulid,” tutupnya. (Imtyyas Yumna)

Published by

Categorised in:

No comment for Lestarikan Tradisi Maulidan di Desa Pedawang, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikuti Proses Penyembelihan Hewan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *