Saturday, 15-06-2024 09:53:10 am
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Pendampingan TPQ

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Pendampingan TPQ

(614 Views) November 16, 2020 3:50 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Boyolali – Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) UIN Walisongo Semarang telah dilaksanakan sejak tanggal 6 oktober 2020, salah seorang peserta KKN-DR melakukan pendampingan mengaji kepada anak-anak di desa Jaten RT 03/RW 05 kecamatan Klego, kabupaten Boyolali.

Pendampingan siswa siswi di TPQ sebagai sarana belajar ditengah pandemi.

Siti Asiyah Mahasiswi KKN-DR UIN Walisongo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja individu KKN-DR yakni melakukan pendampingan TPQ di Taman Al-Qur’an desa Jaten kecamatan Klego kabupaten Boyolali.



“Pendampingan mengaji ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at dimulai pukul 15.00 WIB sampai 16.30 WIB, peserta didik yang mengikuti kurang lebih ada 40 anak yang berasal dari Desa Jaten itu sendiri dan sebagian diantaranya berasal dari Desa sebelah, sementara disana hanya ada dua guru ngaji saja, dengan adanya pendampingan ini diharapkan bisa menambah keefektifan belajar mengaji bagi anak-anak,” ungkapnya.

Asiyah memaparkan, meskipun ditengah pandemi ini anak-anak sangat antusias sekali untuk belajar mengaji namun juga tetap menggunakan protokol kesehatan dengan memakai masker atau pelindung wajah serta mencuci tangan saat sebelum dan setelah kegiatan mengaji dilaksanakan.

“Mengaji sejak dini itu sangat penting sekali guna menanamkan nilai-nilai agama serta membiasakan untuk rajin beribadah kepada Allah SWT.

Selain ngaji dengan metode Iqro’ saya juga mendampingi mereka dengan metode hafalan seperti hafalan doa-doa sehari hari, bacaan sholat dan surat-surat pendek.

Untuk yang hafalan, biasanya saya menuliskan bacaannya di papan tulis terlebih dahulu, kemudian saya beri waktu mereka untuk menulisnya setelah itu barulah dibaca bersama,” tegasnya.

Salahs atu peserta didik, Nina Eka mengatakan “Seneng banget ada mba KKN yang ikut ngajar disini diajarin bermacam-macam jadi tambah semangat ngajinya”
Sulasmi salah satu guru ngaji mengatakan sangat terbantu sekali dengan adanya program KKN pendampingan mengaji yang dilakukan oleh Asiyah.

“Alhamdulilah jadi nambah guru ngaji nya, biasanya cuma dua orang saja apalagi terkadang salah satu diantara kita tidak mesti berangkat terus kadang ada kegiatan, anak-anak yang ngaji disini banyak jadi ya ngerasa terbantu sekali anak-anak juga sangat antusias sekali”. (Siti Aisyah)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Pendampingan TPQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *