Tuesday, 17-05-2022 10:24:53 am
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN UIN Walisongo Produksi dan Bagikan Serbuk Minuman Jahe Guna Tingkatkan Imunitas

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Produksi dan Bagikan Serbuk Minuman Jahe Guna Tingkatkan Imunitas

(168 Views) November 18, 2020 12:30 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Dimasa pandemi Covid-19 menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh menjadi hal yang harus dilakukan, Rabu tgl (18/11/20).

Jika dianalogikan sistem imunitas adalah mekanisme tubuh dalam mempertahankan diri dari ancaman pathogen/ musuh serta mengenali diri sendiri/ self.



Leukosit atau yang sering di kenal dengan istilah sel darah putih adalah sel yang memilki fungsi dan peran penting dalam mencegah terjadinya proses infeksi dan menjalankan fungsi untuk mengawasi dan memusnahkan pathogen atau musuh yang masuk dalam tubuh manusia.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi adalah salah satunya.

Untuk itu, Mahasiswa KKN UIN Walisongo memproduksi serbuk jahe pada 1 november 2020 dan dibagikan kepada masyarakat desa Pedawang kecamatan Dawe kabupaten Kudus.

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja tetap dapat mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, mengurangi rasa sakit, membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit, bahan anti kanker, mencegah peradangan dan tentunya meningkatkan imunitas tubuh.

Farah selaku mahasiswa KKN menuturkan bahwa pembuatan serbuk jahe sangat sederhana yang diperlukan hanya ketelatenan dan kesabaran.

Farah menuturkan “Adapun bahan yang diperlukan dalam pembuatan serbuk jahe ini adalah jahe segar, gula pasir dan air.

Mula mula jahe dikupas terlebih dahilu kemudian jahe dihaluskan dengan menggunakan blander.

Setelah dihaluskan, jahe diperas terlebih dahulu untuk mendapatkan air sari jahe, yang merupakan bahan utama pembuatan jahe serbuk instan.

Kemudian hasil air sari jahe dimasak dan ditambahkan gula pasir secukupnya, jahe dimasak sampai mengental dan berwarna kecoklatan dan berubah menjadi serbuk selama proses pemasakan ini maka sari jahe harus selalu diaduk.”

Hasil dari olahan jahe tersebut kemudian dikemas dan dibagikan kepada masyarakat. (Farah)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN UIN Walisongo Produksi dan Bagikan Serbuk Minuman Jahe Guna Tingkatkan Imunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *