Friday, 21-01-2022 08:38:07 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Mengadakan Pembuatan Hand Sanitizer Bersama Ibu-Ibu PKK

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Mengadakan Pembuatan Hand Sanitizer Bersama Ibu-Ibu PKK

(135 Views) November 15, 2020 1:58 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Mahasiswa KKN UIN Walisongo saat melakukan kegiatan pembuatan hand sanitizer disore hari.


Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengadakan pelatihan pembuatan Hand Sanitizer kepada Ibu-Ibu Dawis RW.5 Kelurahan Patemon, Gunung Pati, Semarang.
Sebagai salah satu benda yang wajib di bawa saat pandemi, Hand sanitizer sempat mengalami kenaikan harga dan kelangkaan ketersediaan barang. Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang berinisiatif mengadakan pelatihan pembuatan hand sanitizer untuk memudahkan masyarakat dan dapat membuka peluang bisnis disaat pandemi seperti ini.
Pelatihan dilaksanakan di Balai RT 2 RW 5. Pelatihan ini menghadirkan seorang pemateri yang merupakan seorang Mahasiswi Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang bernama Lailatul Khoirun Ni’mah yang dan dihadiri oleh perwakilan ibu-ibu PKK Dawis RW 5 Kelurahan Patemon, Gunung Pati.
Pembuatan hand sanitizer ini memerlukan setidaknya empat bahan yang terdiri dari alkohol dengan kadar 70%, H2O2 (Hidrogen Peroksida) 3%, Gliserin, dan pewangi dari aloe vera gel. Setelah pencampuran bahan dan pengemasan, pemateri menjelaskan, untuk menghasilkan hand sanitizer dengan kualitas baik, hand sanitizer yang sudah dibuat ini, baru dapat digunakan kurang lebih setelah 72 jam pembuatan atau selama empat hari setelah pembuatan untuk menyempurnakan reaksi kimia yang ada.
Pelatihan ini mendapat tanggapan positif dari ibu-ibu PKK RW 5 dan terlihat ketika moderator mempersilahkan audiens untuk ikut praktek langsung pembuatan hand sanitizer. Ibu-ibu juga sangat antusias untuk memberikan pertanyaan kepada pemateri terkait dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hand sanitizer.
Ibu Punariyati selaku ketua PKK RW 5 Kelurahan Patemon, Gunung Pati ketika ditemui setelah acara pelatihan mengatakan “Saya sangat senang terhadap program pelatihan hand sanitizer yang diadakan adik-adik KKN ini, karena ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Apalagi, hand sanitizer ini barang penting yang harus dibawa kemana-mana disaat pandemi seperti ini”. Minggu (1/11)
Kemudian, Ibu Sumiyati selaku Ketua Bank Sampah RT 3 mengatakan “terima kasih, teman-teman KKN atas ilmu dan kesempatan belajar bersama pembuatan hand sanitizer, ini sangat bermanfaat untuk saya dan ibu-ibu PKK RW 5 ini.
“Semoga ke depannya semakin banyak kegiatan-kegiatan positif lagi untuk kami” pungkasnya.

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Mengadakan Pembuatan Hand Sanitizer Bersama Ibu-Ibu PKK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *