Monday, 03-10-2022 10:06:58 pm
Home » Pendidikan » Mempermudah Warga Baru, Mahasiswa KKN buat papan nama untuk Ketua RT dan Ketua RW

Mempermudah Warga Baru, Mahasiswa KKN buat papan nama untuk Ketua RT dan Ketua RW

(358 Views) November 18, 2020 7:41 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Majalengka – Peduli terhadap Masyarakat, Pada Jum’at, 13 November 2020, Mahasiswa KKN menjalankan proker berupa pengadaan papan nama yang ditujukan kepada pejabat RT dan RW di lingkungan tempat tinggal rumahnya yang beralamat di lingkungan RW 03 kelurahan Majalengka Kulon, kecamatan Majalengka, kabupaten Majalengka.

Papan Nama yang dibuat terdiri atas 4 buah dan diberikan kepada 3 Ketua RT dan 1 Ketua RW. Ketua RT 01 yaitu Bapak Kusnan, Ketua RT 02 yaitu Bapak Saman, Ketua RT 03 yaitu Bapak Asep Adang dan Ketua RW 03 yaitu Bapak Iing Hasan Ismail.



Hal ini bermula, ketika Rijal selaku Mahasiswa KKN yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat, melihat tidak adanya papan nama atau papan penanda identitas baik di dinding atau di depan rumah pejabat RT dan RW di lingkungan rumahnya.

Penanda identitas ini sangat penting terutama untuk RT dan RW, mengingat pejabat RT dan RW berbeda dengan pejabat pemerintahan lainnya seperti camat, bupati atau gubernur yang memiliki kantor tetap, meskipun orang yang diamanati untuk menjabat terus berganti-ganti.

Kantor RT dan RW akan terus berpindah-pindah tergantung kepada siapa yang menjabat, karena kantor yang digunakan biasanya adalah rumah pribadinya.

Maka perlu adanya penanda identitas agar masyarakat di lingkungan tersebut mengetahuinya, selain itu pejabat RT dan RW merupakan pejabat pemerintahan dengan lingkup terkecil dan paling banyak berinteraksi dengan masyarakat, tidak adanya penanda identitas akan mengakibatkan kesusahan terutama bagi warga baru yang akan tinggal di wilayah tersebut untuk mengurus dokumen kepindahannya ke pihak RT dan RW.

Oleh Karena itu, Rijal berinisiatif untuk membuatkan papan nama bagi RT dan RW, dan hal itu mendapat tanggapan yang positif dari ketua RT dan RW setempat serta apresiasi terhadap pengadaan papan nama tersebut, sehingga mereka pun senang dan berterimakasih ketika menerima papan nama tersebut.

“Terima kasih atas papan nama yang diberikan, dan saya mengapresiasi atas inisiatifnya untuk membuat papan nama.” Kata Bapak Iing selaku Ketua RW 03.

Harapan mahasiswa KKN tersebut, semoga dengan adanya papan nama ini dapat bermanfaat dan memudahkan bagi warga baik penghuni baru atau penghuni lama ketika ingin menemukan rumah Ketua RT maupun Ketua RW. (Rijalul Muta Akhiri)

Published by

Categorised in:

No comment for Mempermudah Warga Baru, Mahasiswa KKN buat papan nama untuk Ketua RT dan Ketua RW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *