Thursday, 18-04-2024 03:30:33 pm
Home » Pendidikan » Mengembangkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan Pelatihan Pembuatan Pop Up Frame

Mengembangkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan Pelatihan Pembuatan Pop Up Frame

(326 Views) November 18, 2020 7:33 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Majalengka – Pada Minggu, 1 November 2020, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pop up frame bersama siswa MTs Al-Ishlah Majalengka.

Kegiatan tersebut melibatkan 30 orang peserta yang berasal dari kelas 9 MTs Al-Ishlah dan diadakan di Sekolah MTs Al-Ishlah Majalengka oleh seorang Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, yang sekaligus menjadi narasumber yaitu saudara Rijalul Muta Akhiri.



Kegiatan pelatihan ini membahas mengenai sejarah dan pengertian pop up serta bagaimana cara kita membuat suatu kerajinan pop up atau gambar 3 dimensi melalui media bingkai/frame.

Hal ini bertujuan untuk menambah pengalaman dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki para siswa MTs dalam hal kreasi dan inovasi, serta untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka terhadap bentuk seni berupa kreasi pop up melalui media bingkai.

Sebagaimana pernyataan mahasiswa KKN tersebut.

“Saya membuat pelatihan ini, bermaksud untuk memberikan pengalaman, wawasan dan pengetahuan kepada adik-adik siswa MTs mengenai pop up melalui media frame.

Materi ini bisa jadi hal baru bagi mereka yang belum pernah mendengarnya, dan bisa jadi pengingat bagi mereka yang pernah mendengar, baik itu ingat namanya ataupun tidak.” Ujarnya

Bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan pop up frame ini bisa dibilang cukup sederhana dan mudah didapat, seperti sterofoam, gunting, dan double tip.

Akan tetapi ada beberapa bahan yang mungkin berbeda dalam ukuran harganya, ada yang murah dan ada juga yang mahal tergantung pada harga pasaran di daerah tersebut seperti frame/bingkai isi, dan cetak kertas art paper.

Kegiatan Pelatihan ini dilakukan bukan karena ada urgensinya tetapi sebagai bentuk penyegaran terhadap siswa MTs yang mungkin merasa jenuh dengan cara belajar di masa pandemi.

“Pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kita, jadi kita mendapat wawasan yang baru”. Ujar salah seorang peserta

“Acara ini benar-benar bermanfaat, kita dapat berkreasi melalui media yang baru”. Kata peserta yang lain

Kepala Madrasah juga mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan ini dan mengucapkan terimakasih kepada saudara Rijal selaku Mahasiswa KKN yang telah berupaya untuk membagikan ilmunya kepada anak-anak MTs Al-Ishlah.

Meskipun masih dalam masa pandemi, anak-anak murid MTs Al-Ishlah tetap antusias mengikuti pelatihan.

Hasil karya yang mereka buat, akan dipajang di kelas sebagai bentuk kenang-kenangan dari Mahasiswa KKN. (Rijalul Muta Akhiri)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengembangkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan Pelatihan Pembuatan Pop Up Frame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *