Wednesday, 01-12-2021 07:05:03 am
Home » Kabar Desa » Mengonsumsi Jamu Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Terjaga Vitalitas Kesehatan

Mengonsumsi Jamu Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Terjaga Vitalitas Kesehatan

(181 Views) November 15, 2020 10:30 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Lampung Barat –  Kasus positif Covid-19 masih terus bertambah. Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan, update ada tambahan 3.779 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 444.348 kasus positif corona.

Jamu menjadi salah satu minuman kesehatan yang dapat meningkatkan imun dan daya tahan tubuh buat kesehatan.

Berdasarkan hal itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang di desa Seranggas, kelurahan Pasar Liwa, kecamatan Balik Bukit berinisiatif untuk membagikan jamu kepada masyarakat.



Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 12 November 2020 itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh mayarakat setempat agar tetap kuat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Cindy Eldina Fitri, selaku penanggung jawab program kerja tersebut yang juga mahasiswa, UIN Walisoango Semarang menjelaskan beragam manfaat jamu untuk kesehatan tubuh.

Menurutnya, jahe memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan, anti peradangan, dan mengurangi rasa mual; kencur bermanfaat untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, membasmi bakteri penyebab bakteri, meredakan nyeri peradangan, menangkal radiasi bebas, sementara kunyit berkhasiat untuk melawan infeksi, mencegah osteoarthritis dan kolestrol tinggi, kapulaga bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah, Melindungi tubuh dari penyakit kronis, meningkatkan kesehatan jantung dan kayu manis bermanfaat mengurangi risiko penyakit Kardiovaskular, menjaga kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol.

“Khasiat tersebut menunjukkan bahwa jamu sangat menyehatkan, tidak mengandung bahan pengawet dan kimia, serta aman untuk imunitas masyarakat dalam situasi pandemi seperti ini,” jelas Cindy Eldina Fitri.

Salah satu mahasiswa KKN Reguler Daring ini berharap dengan adanya kegiatan rutin meminum jamu masyarakat bisa teredukasi dan lebih sadar akan kesehatannya dengan memproduksi jamu sendiri dari bahan rempah-rempah.

Mengingat bahwa Indonesia kaya akan tanaman rempah-rempah sangat memudahkan masyarakat dalam memproduksi dan mengonsumsi jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh setiap harinya.

“Selain itu, dengan rajin mengnsumsi jamu, masyarakat juga turut melestarikan minuman tradisional Indonesia,” pungkasnya. (Cindy Eldina Fitri)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengonsumsi Jamu Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Terjaga Vitalitas Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *