Monday, 17-06-2024 05:42:47 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Mengungkap Hikmah, Dibalik Ganasnya Virus Corona Oleh Nurul Khasanah

Mengungkap Hikmah, Dibalik Ganasnya Virus Corona Oleh Nurul Khasanah

(346 Views) November 6, 2020 6:36 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Saat ini dunia tengah digemparkan oleh wabah atau virus yang mereresahkan semua penduduk negara di dunia yaitu virus corona (covid 19). Covid 19 adalah keluarga besar virus yang yang dapat menginfeksi burung dan mamalia, termasuk manusia.

Virus corona muncul dan dikenal sebagai covid-19 memicu wabah di Cina sejak desember 2019, dan merebak di berbagai negara sehingga WHO mendeklarasikannya sebagai pandemi global. Dampak dari virus ini pun tidak main-main, mulai dari perekonomian rumah tangga bahkan perekonomian negara melemah, phk dimana-mana, kekerasan dalam rumah tangga meningkat, sekolah, mall, perusahan, tempat wisata, tempat transportasi semua ditutup, pembatasan kegiatan berskala besar, hingga yang paling mengerikan adalah bertambahnya jumlah korban meninggal besar-besaran yang kian meresahkan.



Namun, sebagaimana hukum alam walaupun adanya virus ini memberi dampak negatif yang amat besar akan tetapi hikmah adanya virus ini pun andai kita telaah juga bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik.

Semula masyarakat yang super sibuk bahkan hingga tidak memiliki waktu luang, berubah menjadi memiliki banyak waktu. Rasa takut akan penyebaran virus, berhasil membuat kita berdiam diri di rumah.

Manusia akhirnya pasrah, berintropeksi dan makin sadar bahwa kita bukanlah siapa-siapa di dunia ini.

Dunia dengan manusianya yang merasa paling hebat diantara makluk lain, ternyata dibuat tidak berkutik oleh makluk yang amat sangat kecil, bahkan tidak kasat mata.

Umat manusia akhirnya merasakan kekuatan alam yang meluas ke seluruh penjuru dunia. Akan semakin sedikit orang berada di jalanan. Hanya ada beberapa mobil saja yang berseliweran. Udara semakin segar, kabut dan asap kendaraan menghilang.

Orang-orang disibukan mencari aktivitas produktif di rumah. Orang-orang yang semula selalu membeli makanan di luar akhirnya belajar memasak melalui youtube, orang-orang yang semula tidak peduli lingkungan akhirnya sibuk bercocok tanam, orang-orang yang semula tidak gemar membaca selama bertahun-tahun akhirnya meraih bukunya di rumah.

Orang tua yang tidak berkomunikasi dengan anak-anak mereka serta pasangan yang telah tidak berbicara satu sama lain kini mulai membuka percakapan. Orang tua yang acuh dengan pendidikan anak kini menjadi guru bagi anaknya sendiri. Anak-anak yang tidak tahu bagaimana menghormati orang tua kini mulai berbakti.

Waktu yang semakin banyak, kini diperkuat untuk menjalankan ibadah kepada Allah dan menyenangkan keluarga di rumah.

Virus ini mengajarkan manusia pelajaran yang jelas dan mendalam.

Virus ini juga mengajarkan kepada kita apa yang disebut “saat-saat yang berkesan”.
Virus ini juga membuat kita merasakan cinta sejati di bumi.

Dari virus ini kita belajar bahwa setiap keburukan selalu ada sisi positifnya, dan kita tidak boleh membenci sesuatu secara berlebihan. Terkadang manusia membutuhkan “musuh” untuk memberinya “pengingat dan memberi mereka pemberdayaan”.

Virus ini mungkin tidak akan pergi dengan segera. Ia perlu melihat tertanamnya kembali kebiasaan baik manusia. Tapi virus ini juga tidak akan terus mengamuk. Cinta manusia yang terus membesar akan memberikan lebih banyak kekuatan yang pada akhirnya akan membuat virus menjauh. Virus ini menyadarkan kita bahwa ada Allah Yang Maha Kuasa. (SPN)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengungkap Hikmah, Dibalik Ganasnya Virus Corona Oleh Nurul Khasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *