Saturday, 04-12-2021 01:27:40 pm
Home » Kabar Desa » Peduli Kesehatan Warga, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Penyemprotan Disinfektan

Peduli Kesehatan Warga, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Penyemprotan Disinfektan

(128 Views) November 19, 2020 5:00 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Mahasiswa KKN RDR (Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah) Kelompok 19 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat umum, pada Sabtu (17/10/20).

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan di tempat-tempat umum yang ada di Desa Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.



Tempat umum yang dijadikan sasaran penyemprotan yakni SD Negeri 3 Pedawang, Masjid Jami’ Busyrol Karim, serta beberapa Rumah Warga.

Bagian SD yang dilakukan penyemprotan adalah ruangan kelas, halaman sekolah, dan lingkungan disekitar sekolah. Sedangkan bagian masjid yang dilakukan penyemprotan adalah ruangan dalam masjid, tempat wudhu, toilet, serta halaman sekitar masjid.

Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di sekitar halaman rumah warga.

Penyemprotan disinfektan sebagai salah satu proker yang dilakukan oleh Tim KKN Kelompok 19 merupakan bentuk kepedulian kesehatan warga serta upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Pedawang kec. Bae kab. Kudus.

Bachrul Ulum selaku Ketua Tim KKN Kelompok 19 menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah covid masih minim di Desa Pedawang, sehingga perlu diadakannya kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat umum guna mencegah penyebaran virus Covid.

“Sebelum melakukan penyemprotan, kami sudah ijin terlebih dahulu dengan PEMDES Pedawang dan mendapatkan respon positif, bahkan PEMDES memberikan bantuan cairan disinfektan beserta alat penyemprotan,” ujarnya.

Menurut Fifi selaku anggota TIM KKN Kelompok 19 mengatakan bahwa, SD sekarang ini sudah mulai melakukan tatap muka secara bergantian sehingga banyak dikunjungi siswa, selain itu Masjid juga sebagai tempat umum yang banyak dikunjungi jamaah untuk bersembahyang, sehingga dengan demikian kegiatan penyemprotan disinfektan sangat tepat dilakukan untuk membunuh virus yang menempel ditempat umum supaya tidak menyebar kemasyarakat.

“Cairan disinfektan menurut WHO memiliki kandungan yang dapat membunuh virus, bakteri, dan kuman yang menempel pada benda-benda, sehingga cairan ini sangat membantu untuk menghilangkan virus yang menempel ditempat-tempat umum”, tambahnya.

Agenda Proker Penyemprotan disinfektan berjalan lancar dan mendapat dukungan baik oleh masyarakat Desa Pedawang.

Halimah selaku masyarakat Desa Pedawang mengatakan bahwa, kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan anak KKN sangat bermanfaat, lingkungan disekitar masjid, SD, dan bahkan lingkungan sebagian rumah warga menjadi bersih terbebas dari kuman serta virus.

“Setelah penyemprotan ini, semoga masyarakat Desa Pedawang sehat dan terhindar dari virus Covid-19 yang sedang merebak,” harapnya.

Dengan diadakannya penyemprotran disinfektan ini, diharapkan masyarakat tanggap akan covid, dapat memutus penyebaran serta dapat mengurangi pasien yang terpapar Covid-19. (Wahyu Rizki Febriyanti)

Published by

Categorised in:

No comment for Peduli Kesehatan Warga, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Penyemprotan Disinfektan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *