Friday, 21-01-2022 07:59:38 pm
Home » Pendidikan » PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK

(182 Views) November 26, 2020 3:52 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Pendidikan karakter adalah suatu fondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak kecil kepada anak-anak.

Jika kita mendidik anak dengan cara yang baik dan bijaksana maka akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berjiwa besar.



Sekolah mempunyai dua tujuan utama yaitu membentuk manusia yang cerdas dan bermoral atau berkarakter, maka sekolah juga memiliki tanggung jawab besar dalam pendidikan karakter bagi peserta didiknya, seperti sekarang banyak pengaruh kejahatan seksual, tawuran pelajar, pergaulan bebas dan kecenderungan anak-anak muda pada narkoba.

Dengan adanya pendidikan karakter diharapkan dapat membentuk kepribadian anak yang baik jauh dari perilaku menyimpang yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamana dimasyarakat sekitar.

Semakin berkurangnya sosialisasi anak di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat menjadi penyebab tersendiri.

Lembaga pendidikan pada jaman dulu sangat mengajarkan budi pekerti, etika, saling mengalah dan menduhulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Anak akan kehilangan rasa kepedulian sosial atau menjadi anak antisosial dan egois.

Masyarakat juga menuntuk kepada guru untuk mengajarkan nilai moral kepada anak-anak dengan baik, selain pengetahuan baca tulis dan berhitung guru juga memiliki tanggung jawab sebagai pengganti orang tua selama anak berada di sekolah.

Dengan hal itu, dalam pendidikan karakter diharapkan untuk anak bisa mengatur waktu dengan baik dalam menggunakan teknologi dan bersosialisasi.

Anak dapat menyesuaikan diri di sekitar lingkungan manapun termasuk bisa menyiapkan diri saat harus bergaul di lingkungan nantinya.

Pendidikan karakter yang semestinya harus ditanamkan sejak kecil.

Karena dengan pendidikan karakter bertujuan untuk mempertinggi mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah, anak dapat mengembangkan potensi akademis yang terdapat dalam dirinya sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

Alasan lain pentingnya pendidikan karakter yaitu pendidikan sejatinya bukan hanya mencetak generasi yang cerdas tetapi juga memiliki karakter yang baik.

Anak-anak ataupun remaja biasanya menjunjung tinggi sikap sopan santun kepada orang yang lebih tua tetapi sekarang sudah mengalami penurunan.

Jika dulu seorang anak berangakat sekolah selalu mencari orang tuanya untuk berpamitan dan bersalaman meminta doa restu, sekarang sebelum anak berangkat sekolah mencari orang tuanya hanya untuk meminta uang saku.

Selain dengan orang tua dengan guru juga mengalami perubahan, saat anak berada di sekolah maupun diluar sekolah hanya mau menyapa guru yang mengajarnya saja selain guru yang tidak mengajarnya anak-anak tidak mau menyapa karena tidak kenal.

Di masyarakat juga mengalami pergeseran, saat bertemu dengan tetangga, atau orang yang lebih tua mereka enggan untuk menyapa dan berbicara tanpa menggunakan bahasa yang sopan.

Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik memiliki rasa hormat kepada orang lain, memiliki sopan santun dan akhirnya dapat diterima di masyarakat dengan baik nantinya.

Dari paparan diatas jelas bahwa ada banyak alasan mengapa pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik.

Alasan-alasan tersebut meliputi ;

1. Dengan pendidikan karakter dapat membentuk kepribadian yang baik jauh dari perilaku menyimpang yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat.

2. Pendidikan karakter juga menginginkan untuk anak tidak hanya berkepribadian baik tetapi juga memiliki kecakapan dalam bertindak.

3. Mampu menyesuaikan diri atau bersosialisasi di sekitar lingkungan manapun termasuk menyiapkan diri saat harus bergaul di lingkungan kerja nantinya.

4. Peserta didik memiliki rasa hormat kepada orang lain dan orang yang lebih tua, memiliki sopan santun dan akhirnya dapat diterima di masyarakat manapun nantinya.

Penulis : Lia Rahmawati, Mahasiswi Institut Pesantren Matholi’ul Falah , Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Published by

Categorised in:

No comment for PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *