Friday, 03-12-2021 06:45:00 pm
Home » Kabar Desa » Pepaya Melimpah Mahasiswi KKN UIN Walisongo Ajak Warga Mengkreasikan Menjadi Manisan

Pepaya Melimpah Mahasiswi KKN UIN Walisongo Ajak Warga Mengkreasikan Menjadi Manisan

(241 Views) November 6, 2020 8:21 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Boyolali Mahasiswi UIN Walisongo bersama dengan warga sekitar desa Jaragan, Wonosegoro, Boyolali membuat manisan pepaya, Jum’at tgl (06/11/20).

Cara mudah membuat manisan dari pepaya yang melimpah sebagai alternatif dalam menunjang ekonomi.

Selain rasanya yang enak dan segar, manisan pepaya juga mempunyai manfaat yang sangat baik seperti berguna untuk mencegah penyakit saluran pencernaan, berguna untuk kesehatan mata, kesehatan kulit serta unsur-unsur antioksidan pepaya bisa mencegah oksidasi kolestrol dan masih banyak manfaat yang lain,” ujar Aska.



Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak terlalu susah untuk didapatkan “Hanya cukup menyediakan pepaya mengkal atau setengah matang, gula pasir, garam, kapur sirih, sitrun, serta pewarna makanan,” ucap Pipin Aska Mahasiswi UIN yang melatih pembuatan manisan.

Selain itu cara pembuatan manisan pepaya cukup mudah, pertama-tama pepaya yang sudah dikupas dipotong dadu atau sesuai selera setelah itu rendam menggunakan air kapur sirih semalaman, kedua cuci bersih pepaya dengan air mengali, ketiga masak pepaya dengan api sedang serta campur pewarna makanan, sitrun dan gula pasir secukupnya, aduk hingga air gula mengental, keempat angkat pepaya yang sudah dimasak dan jemur di bawah sinar matahari kurang lebih dua sampai tiga hari,” terangnya.

Di Boyolali sendiri pohon pepaya banyak ditanam oleh petani dikarenakan iklimnya yang cocok sehingga pepaya tumbuh subur disini.

Melimpahnya pepaya di boyolali dengan harga jual yang rendah dan juga buah yang tidak awet lama atau gampang busuk, menjadi motivasi kami untuk mengkreasikan menjadi sebuah olahan pepaya yang tahan lama serta memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

“Pelatihannya sangat bagus, kami bisa menirunya nanti untuk membuat manisan pepaya agar pepaya tidak lagi terbuang sia-sia,” kata zahroh, salah satu warga yang mengikuti pelatihan.

Acara pelatihan pembuatan manisan pepaya ini diikuti secara antusias oleh warga sekitar, dengan adanya pelatihan ini, diharapkan warga masyarakat desa jaragan menjadi lebih kreatif dan termotivasi untuk membuat olahan manisan pepaya guna menunjang ekonomi masyarakat,” tandas Pipin Aska. (P.A Arandita)

Published by

Categorised in:

No comment for Pepaya Melimpah Mahasiswi KKN UIN Walisongo Ajak Warga Mengkreasikan Menjadi Manisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *