Friday, 03-12-2021 07:59:21 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Problematika Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Ditengah Pandemi

Problematika Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Ditengah Pandemi

(188 Views) November 10, 2020 7:30 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Bebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pandemic covid 19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta siswa-siwinya untuk melakukan pembelajaran daring dari rumah. Sampai saat ini pemerintah masih meliburkan siswa dan melanjutkan pemebelajaran daring seperti sebelumnya saat pertama kali terjadi wabah covid 19 yang diberlakukan hampir di seluruh Indonesia.

Pemerintah di Indonesia sudah menanamkan beberapa kebijakan untuk menyikapi permasalahan ini dengan memberlakukan social distancing kepada seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya itu, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) juga diberlakukan dibeberapa kota besar di Indonesia, misalnya kota Jakartaa, dan kebijakan ini telah tertuang dalam PP Nomor 21 Tahun 2020. Kebijakan tersebut diberlakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini ternyata berdampak pada berbagai aktivitas termasuk diantaranya aktivitas belajar mengajar.
Pembelajaran daring ditetapkan oleh pemerintah, ditujukan kepada seluruh jenjang pendidikan dari TK sampai pada perguruan tinggi. Dipilih alternative pembelajaran dikarenakan berkembangnya revolusi industri saat ini. Berkembangnya revolusi industri sangat membantu dan mendukung terlaksananya pembelajaran dari rumah. Sistem pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara guru dan siswa yang dilakukan melalui media online menggunakan internet. Canggihnya teknologi zaman sekarang diharapkan mampu menunjang kegiatan pembelajaran daring tersebut. Namun pada jenjang pendidikan TK, pembelajaran daring memerlukan keterllibatan orang tua yang turut serta mendampingi langsung dalam pelaksanaannya.
Hal tersebut dirasa berat oleh orang tuakarena banyak sekali kendala yang dialami oleh orang tua dalam melakukan pendampingan pembelajaran daring di rumah dimasa pandemic ini. Hal ini terjadi karena kurangnya wasasan pengetahuan, pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki waktu untuk mendampingi anak belajar karena harus bekerja siang dan malam, ada juga orang tua yang tidak sabar dalam mendampingi pembelajaran anaknya, dan kesulitan orang tua dalam mengoperasikan sebuah gadget karena tidak semua orang tua mampu mengoperasikan gadget dengan mudah disebabkan karena masih ada sebagian orang tua yang belum melek akan teknologi saat ini serta para orang tua diharuskan untuk bisa menyesuaikan keadaan sekarang ini.
Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk belajar dirumah secara daring, maka peran yang biasanya dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sekarang telah berganti fungsi di satuan keluarga yakni orang tua. Artinya saat ini orang tua memiliki peran ganda dalam proses pembelajaran daring dirumah. Selain mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anak, orang tua dituntut untuk bisa melakukan pendampingan belajar pada anak dirumah. Tentu saja hal ini dirasa berat oleh sebagian orang tua beban kerja menjadi bertambah dan harus pandai membagi waktu dengan baik saat proses pembelajaran berlangsung meskipun orang tua mempunyai kesibukan lain. Dan ada saja anak yang tidak patuh serta tidak langsung bisa memahami apa yang diajarkan orag tua selama pendampingan belajar, tentu saja hal ini membuat orang tua menjadi stress.
Dengan kondisi yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring, atau pembelajaran yang dilakukan dirumah dengan pendampingan orang tua pada anak usia dini dirasa kurang efektif oleh orang tua dan banyak sekali kendala yang dialami, sehingga tidak sedikit orang tua yang meminta pihak sekolah untuk dapat segera melaksanakan pembelajaran secara tatap muka disekolah.



Published by

Categorised in:

No comment for Problematika Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Ditengah Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *