Friday, 21-01-2022 09:06:13 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Ruang Digital Sebagai Lahan Baru Dalam Menerapkan Toleransi Beragama Oleh Wida Kholisatul Munawaroh

Ruang Digital Sebagai Lahan Baru Dalam Menerapkan Toleransi Beragama Oleh Wida Kholisatul Munawaroh

(139 Views) November 10, 2020 10:21 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Pandemi covid-19 yang muncul di Indonesia pada awal bulan maret 2020 mengakibatkan dampak yang sangat signifikan mulai dari pola hidup social, pendidikan, ekonomi dan juga pola beribadah. Ungkap Fachrul Razi selaku Menteri Agama RI bahwa pandemic virus corona (Covid-19) punya sisi positif dalam hal kerukunan umat beragama, seperti yang dikutip redaksi kompas. cukup menarik untuk dibahas. Pernyataan Menag ini menjadi harapan baru bagi kehidupan beragama di Indonesia.


Menegok dari beberapa peristiwa tahun lalu, masyarakat Indonesia diuji dengan beberapa peristiwa dari sebagian kelompok yang bertidak intoleran, namun berkat adanya covid-19 ini seketika mencair, setidaknya terlihat dipermukaan. berita-berita pada media mulai mereda seperti ujaran kebencian, sikap intoleran terhadap pemeluk agama lain dan provoksi terhadap suatu kelompok. Masyarakat disibukkan dengan pembahasan kapan dan bagaimana pandemic ini segera berakhir.
Berkembangnya zaman menjadikan keikut sertaan berkembangnya pula dunia digital yang semakin memberikan kemudahan dan keuntungan yang sekarang ini juga dimanfaatkan oleh para pemeluk agama diera pandemic covid-19 terutama dalam komunikasi dan interaksi antar umat beragama, islam menjadi salah satunya.
semenjak pandemic covid ini, marak sekalian kegiataan keagamaan dilakukan secara daring (dalam jaringan), bagaimana tidak masyarakat akan berfikir seribu kali untuk melaksanakan kegiatan keberagamaan secara langsung sedangkan otoritas pemerintah dan keagamaan telah memberikan anjuran untuk tetap dirumah saja, seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia) dengan mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19. Kurang lebih isi dari fatwa ini adalah instruksi peniadaan kegiatan keagamaan di masjid seperti sholat jum’at, sholat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya pada daerah-daerah dengan tingkat penularan covid-19 yang tak bisa lagi dibendung.
Seperti dalam kutipan ibtimes.id menyatakan bahwa internet telah memberikan kemudahan dalam penyampaian ajaran keagamaan. Misalnya peningkatan kapasitas, kecepatan dan kualitas komunikasi. Berbagai situs di laman internet telah memeperluas jangkauan komunikasi dan dakwah keagamaan.
Dengan demikian, ini menjadi tantangan baru bagi umat beragama ditengah era digital dan wabah covid-19 yang mengajak kita berfikir lebih terbuka terhadap kemajuan zaman serta mengajak pemeluk agama untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam menghadirkan agama yang lebih fleksibel terhadap tantangan zaman.

Published by

Categorised in:

No comment for Ruang Digital Sebagai Lahan Baru Dalam Menerapkan Toleransi Beragama Oleh Wida Kholisatul Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *