Tuesday, 16-04-2024 11:08:01 am
Home » Daerah » Uncategorized » Sudah Efektifkah Sistem Belajar Daring Bagi Masyarakat Desa?

Sudah Efektifkah Sistem Belajar Daring Bagi Masyarakat Desa?

(366 Views) November 11, 2020 8:08 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com РPati. andemi Covid-19 ini memaksa sebagian orang untuk mengurangi aktivitasnya diluar rumah. Pemerintah melakukan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah (Work From Home), sebagai upaya pengurangan penyebaran virus Covid-19 ini.

Banyak bidang yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, salah satunya adalah bidang pendidikan. Seperti yang sudah diumumkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Bapak Nadiem Anwar Makarim bahwa mulai Senin, 16 Maret 2020 siswa bisa belajar di rumah dengan sistem daring.
Dalam Republika disebutkan bahwa sistem pembelajaran daring merupakan implementasi dari pendidikan melalui online. Sistem pembelajaran ini pun bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang lebih baik dan bermutu. Sebab, dengan sistem pembelajaran daring akan memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa untuk dapat mengikuti suatu pelajaran atau mata kuliah tertentu.
Untuk kaum perkotaan banyak yang setuju dengan sistem belajar daring ini, karena dianggap efektif, praktis dan juga efisien. Namun, apakah sistem belajar daring ini efektif untuk masyarakat desa?
Persoalan tentang sistem belajar daring di desa tidak jauh dari sulitnya akses internet. Banyak orang desa yang sampai rela untuk pergi jauh keluar desa, naik pohon atau yang lainnya demi bisa mendapat akses internet. Jaringan yang tidak stabil, ataupun para siswa yang tidak mempunyai ponsel menjadi kendala tersendiri dalam sistem belajar daring ini. Hal yang seperti ini masih sangat miris untuk kita lihat. Ini menjadi salah satu bukti ketimpangan antara kaum perkotaan dan juga kaum pedesaan.
Problem-problem yang seperti ini masih menjadi tantangan tersendiri dalam sistem belajar daring ini. Para pelajar masih susah dalam masalah jaringan internet dan serba keterbatasan teknologi terkhusus untuk daerah pelosok desa. Oleh karena itu pembelajaran model daring ini kurang efektif untuk diterapkan dalam masyarakat desa. Karena banyaknya kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat salah satunya akses internet yang kurang memadai.
Semoga pemerintah cepat tanggap dalam mengatasi persoalan-persoalan dalam pendidikan di Indonesia khususnya dalam masyarakat desa. Pemerintah perlu memberikan perhatian yang besar agar pendidikan di Indonesia lebih maju.



Published by

Categorised in:

No comment for Sudah Efektifkah Sistem Belajar Daring Bagi Masyarakat Desa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *