Tuesday, 07-12-2021 06:56:08 am
Home » Daerah » Uncategorized » Tips Mnjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Tips Mnjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

(307 Views) November 30, 2020 9:32 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Di masa pandemi ini, banyak sekali masalah-masalah yang muncul, baik dalam dunia kesehatan maupun dunia politik. Adanya virus covid-19 ini, menyebabkan banyak orang ketakutan karena virus corona ini virus yang sangat berbahaya. Padahal tubuh kita sejak dulu sudah sering terkena virus. Dan virus itu bukan sesuatu yang harus ditakuti tapi untuk dihadapi. Karena virus juga termasuk makhluk Allah SWT. Dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Tidak usah khawatir, panik dan ketakutan secara berlebihan. Karena itu akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah.

Salah satu cara untuk melawan virus yaitu dengan menjaga kesehatan. Dan kita sebagai warga negara juga harus ikut membantu pemerintah dalam menangani virus covid-19 ini. Selain menerapkan protokol – protokol yang telah ditetapkan pemerintah, hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh kita, dengan cara menjaga imunitas tubuh kita. Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang tepat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk corona.



Adapun tips menjaga imunitas tubuh di antaranya yaitu :

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi
Meningkatkan imunitas juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin A, C, D dan E. Pastikan makanan yang kita konsumsi setiap hari selalu mengandung nutrisi – nutrisi agar mendukung kekebalan imun tubuh, jangan lupa juga makanan harus dalam kondisi baik dan dimasak dengan matang.

2. Berolahraga dengan rutin
Olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun. Olahraga tidak usah dilakukan secara berlebihan yang penting adalah rutin melakukan olahraga. Olahraga bisa dilakukan dari aktivitas yang kita lakukan atau juga dari hobi kita, seperti jogging, lari – lari, badminton, dan lain – lain. Setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Mengelola stres dengan baik
Salah satu hal yang bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh adalah stres terus menerus. Sehingga kita harus menghindari sesuatu yang bisa menjadikan kita stres. Seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan supaya tubuh dan pikiran rileks. Stres yang tinggi bisa melemahkan sistem imunitas, oleh karena itu stres harus diturunkan. Bisa dengan melakukan refreshing seperti melihat sesuatu yang indah, yang bisa membuat pikiran menjadi fresh. Ingat, jangan terlalu memaksakan untuk berfikir

4. Beristirahat yang cukup
Tubuh yang letih dan lesu bisa disebabkan oleh kurangnya jam tidur, sehingga bisa menjadikan daya tahan tubuh kita lemah. Namun, tidur yang berlebihan juga menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh. Sehingga kita harus memiliki jam istirahat yang cukup, yaitu 7 – 8 jam per hari.

5. Mengonsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh
Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin dan suplemen penunjang daya tahan tubuh. Orang yang kurang gizi, lebih berisiko terserang infeksi bakteri, virus, dan lainnya. Karena itu, penting bagi setiap orang memperhatikan pola makan dan kecukupan nutrisinya selama pandemi ini. Pola makan seimbang dapat menyediakan nutrisi mineral dan vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh.

Pada intinya kesehatan itu suatu hal yang harus kita tingkatkan dan kita jaga. Karena selama tubuh kita sehat, maka virus itu sulit untuk masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh : Ainun Nadliroh
Mahasiswa IPMAFA Pati
Prodi Pendidikan Bahasa Arab
(KKN MDR DAHSYAT IPMAFA 2020)

Published by

Categorised in:

No comment for Tips Mnjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *