Saturday, 04-12-2021 02:22:23 pm
Home » Pendidikan » UMKM Sebagai Basic Kekuatan dan Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

UMKM Sebagai Basic Kekuatan dan Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

(136 Views) November 11, 2020 12:23 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. PATI – Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap penurunan perekonomian nasional maupun global, rabu tgl (11/11/20).

Oleh karena itu, pemerintah mendorong usaha mikro, kecil dan menengah sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional.



Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

Selain karena merupakan sumber dari dinamika ekonomi nasional, UMKM juga menyerap angkatan kerja nasional.

Kontribusi UMKM cukup besar yaitu 60,34% total PDB nasional dan berkontribusi 97% terhadap total tenaga kerja serta 99% total lapangan kerja nasional.

Demikian juga mempunyai kontribusi 14,17% dari total ekspor dan 58,18 total investasi.

Melalui pemberdayaan usaha mikro, dapat membantu masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan hilangnya penghasilan karena usahanya terdampak Covid-19.

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong tumbuhnya kembali usaha mikro, kecil, dan menengah melalui kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bagi usaha mikro, pemerintah antara lain memberikan hibah bagi usaha pemula.

Disamping itu, pemerintah juga menambah dana LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) Koperasi dan UMKM yang dapat digunakan untuk pinjaman murah bagi UMKM.

Pemerintah juga memberikan subsidi bunga dan mempermudah persyaratan kredit/pembiayaan dan pendanaan bagi UMKM, diantaranya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memberikan keringanan pembayaran pinjaman bagi UMKM.

Dalam program PEN, pemerintah memberikan subsidi bunga untuk 60,66 juta rekening UMKM. Dana tersebut sebesar Rp 27,26 triliun disalurkan melalui perbankan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan perusahaan pembiayaan.

Dengan harapan perbankan dan lembaga keuangan menjadikan ini sebagai prioritas dengan langkah inovatif dan proaktif untuk membantu dan menyelamatkan UMKM. (Septia D.A)

Published by

Categorised in:

No comment for UMKM Sebagai Basic Kekuatan dan Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *