Friday, 20-05-2022 11:13:38 am
Home » Kabar Desa » Antusiasme Warga Pagerharjo Terima 1387 Sertifikat Tanah dari BPN

Antusiasme Warga Pagerharjo Terima 1387 Sertifikat Tanah dari BPN

(386 Views) December 3, 2020 1:21 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Sebanyak 1387 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistem lengkap atau PTSL diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional atau BPN dan dibagikan kepada warga desa Pagerharjo kecamatan Wedarijaksa kabupaten Pati, Rabu (03/12/20).

Pembagian sertifikat PTSL di desa Pagerharjo kec. Wedarijaksa PATI.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.



Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Pembagian sertifikat dilaksanakan di Balai Desa Pagerharjo disaksikan oleh kepala Desa Pagerharjo Iwan Harnoto, SE beserta tim dari BPN.

Saat diwawancarai oleh tim suarapatinews.com perihal pembagian sertifikat PTSL, Margono dari BPN menjelaskan bahwa awal pengajuan desa Pagerharjo sebanyak 1450 bidang tanah dan hari ini 1387 sertifikat siap dibagikan. Masyarakat mendapatkan Rp. 200.000,00 per bidang tanah.

Sementara Kepala Desa Pagerharjo Iwan Harnoto, SE saat dimintai tanggapan ” Harusnya tahun 2020 ini 1450 bidang tanah saya targetkan selesai, namun karena adanya Covid 19 hanya bisa 1387 bidang tanah, sedangkan sisanya 63 bidang tanah akan saya selesaikan pada tahun 2021. Saya ingin adanya progres setiap tahun di desa ini.” tuturnya.

“Saya juga berharap warga yang sudah menerima sertifikat dapat menjaganya dengan baik karena saat ini sudah diberikan kemudahan untuk mengurus sertifikat tanah.

Karena telah memiliki sertifikat pengakuan hak tanah yang dimiliki hal ini menyatakan bahwa sudah sah berdasarkan hukum,” imbuhnya. (Seribu Ana)

Published by

Categorised in:

No comment for Antusiasme Warga Pagerharjo Terima 1387 Sertifikat Tanah dari BPN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *