Tuesday, 07-12-2021 05:37:09 am
Home » Sejarah » Jejak Misteri Makam Keramat Pangeran Benowo I di Dukuh Morotopo

Jejak Misteri Makam Keramat Pangeran Benowo I di Dukuh Morotopo

(695 Views) December 17, 2020 12:52 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Bertempat pada pukul 04.30 WIB di pucakwangi Pati, makam pangeran benowo berada di pucuk gunung di dusun moro topo desa Watesaji Pati, kamis tgl (17/12/20).

Team awak media saat berziarah di makam Pangeran Benowo I.

Keberadaan makam tersebut jauh dari hingar bingar keramaian, sebelum sampai kemakam kita akan menaiki perbukitan yang penuh dengan pohon-pohon rindang, bagi orang-orang yang suka bertualang makam di sana selain sebagi tempat untuk berwisata relegi juga sebagai tempat berwisata alam, di dalam hutan Morotopo ada satu tempat beristirahat untuk orang-orang yang suka camping.



Selain itu juga terdapat gua yang di yakini masyarakat setempat ada penunggunya berupa harimau, Mengapa keberadaan Makom beliau ada disana, ini yang masih menjadi misteri Illahi.

Begitulah cerita tutur dari masyarakat setempat, berawal dari carut-marutnya perebutan kekuasaan di pajang kala itu setelah Sultan Hadiwijaya wafat, Pangeran Benowo yang merupakan putra tertua laki-laki dari sultan Hadiwijoyo yang seharusnya menempati sebagai raja di Pajang di tentang oleh Sunan kudus.

Menurut sunan kudus pangeran Pangirilah yang berhak untuk menduduki tahta tersebut karena menurut sunan kudus pangeran Pangiri merupakan pangeran tertua dari trah Hadiwijoyo, biarpun dia hanya sebagai anak mantu dari sultan Hadiwijoyo, mau tidak mau pangeran Benowo mengikuti petuah sang sunan Kudus, dan beliau hanya kebagian sebagai Bupati di Jipang panolan.

Akan tetapi apa yang terjadi ternyata kepemimpinan pangeran Pangiri malah menyengsarakan rakyat banyak desakan untuk merebut kekuasaan tersebut dari berbagai kalangan, maka  Pangeran Benowo meminta pendapat dari saudara angkatnya Sutowijoyo, Suto wijoyopun mengiyakan mengingat rakyat semakin sengsara, maka terjadilah penggulingan kekuasaan Pangeran Benowo yang di dukung penuh rakyat menang memaksa turun kakak iparnya tersebut, dan kakak iparnya di pulangkan ke Demak.

Pangeran Benowopun naik tahta, akan tetapi kenaikan ini tidak begitu lama dia hanya satu tahun memimpin Pajang hingga akhirnya kekuasaan di serahkan kepada Suto Wijoyo dan beralih pemerintahan ke Mataram.

Penyerahan ini pun beralasan, karena pangeran Benowo ingin mengasingkan diri alias bertapa atau mendekatkan diri kepada tuhan, maka pergilah beliau ke arah barat dan menaiki gunung, akhirnya sampailah beliau di suatu gunung yang sunyi di desa Wates aji dukuh Morotopo kecamatan Pucakwangi Pati.

Dukuh moro topo berasal dari kata MORO DAN TOPO (DATANG DAN BERTAPA), karena pangeran Benowo datang ketempat sunyi puncak gunung datang dan bertapa, makanya sampai sekarang daerah tersebut di namakan gunung Morotopo.

Haul pangeran Benowo dilaksanakan setiap tahunnya di bulan besar dzul hijjah tiap tanggal sebelas, banyak ulama dari berbagai daerah datang ketempat tersebut untuk mengikuti haul, biasanya kegiatan yang di laksanakan adalah hotmi Qur”an selain tahlil umum serta pengajian akbar.

Nah bagi teman-teman dan saudara-saudara yang mau mengunjungi dan berziarah ke makam tersebut silahkan, anda selama perjalanan akan di suguhi pemandangan alam yang cukup indah, hamparan sawah dan hutan, dan sesampainya di sana anda sekeluarga bisa untuk sekalian wisata alam dengan mengunjungi Gua yang berada di daerah tersebut.

Wisata religi makam Pangeran Benowo I menjadi salah satu tempat destinasi wisata malam yang cukup sakral dan keramat oleh masyarakat setempat, hingga kini setiap malam Jum’at banyak peziarah dari berbagai kota di seluruh Indonesia datang untuk sekedar melepas jiwa kerinduan pada sang Khalik.

Team awak media yang saat ini sedang melakukan ziarah, berharap mas Indra dan Bang Eko merasakan aura sakral dari makam Pangeran Benowo tersebut, dan berharap agar warga dan masyarakat setempat untuk selalu melestarikan kearifan lokal yang ada di dukuh Morotopo desa Watesaji sebagai cagar budaya maupun wisatawan religi. ($.kusno)

Published by

Categorised in:

No comment for Jejak Misteri Makam Keramat Pangeran Benowo I di Dukuh Morotopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *