Wednesday, 01-12-2021 07:20:00 am
Home » Pendidikan » KEDAMAIAN DALAM KEBERAGAMAN BUDAYA

KEDAMAIAN DALAM KEBERAGAMAN BUDAYA

(189 Views) December 3, 2020 3:52 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keanekaragaman dalam segala aspek, mulai dari agama, ras, suku, adat istiadat, hingga bahasa yang telah berbaur menjadi satu kesatuan.

Keanekaragaman agama di Indonesia diantaranya adalah Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik, dan Konghucu.



Karena kanekaragaman inilah Indonesia memiliki sebuah ciri khas tersendiri dari negara lainnya.

Pancasila memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti perbedaan bukanlah suatu penghalang bersatunya setiap individu, melainkan perbedaan itulah yang menyatukan kita.

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki tingkat keragaman tertinggi di dunia.

Negara kepulauan ini dalam dirinya terkandung keragaman budaya dan agama yang menjadi kekayaan tersendiri dan membanggakan.

Sebagai sebuah Negara multikultural, Indonesia diperhadapkan pada tantangan luar biasa untuk menjaga keragaman ini agar tidak menjadi sesuatu yang bersifat destruktif (kehancuran).

Oleh karena itu, meletakkan nilai utama pada penghargaan atas keanekaragaman dan penetapan ideologi Pancasila, menjadi langkah pencegahan untuk melindungi bangsa ini dari perpecahan dari dalam maupun ancaman dari luar yang berupaya memecah belah bangsa ini.

Faktanya, sikap intoleransi menyebabkan perpecahan keutuhan suatu bangsa, sebagai seorang muslim hal yang harus kita lakukan adalah dengan saling monghormati dan menghargai antar umat beragama.

Islam telah mengajarkan kita untuk bersikap baik dan harmonis terhadap sesama lainnya, Islam juga menjunjung tinggi nilai keadilan tanpa memandang apapun latar belakangnya.

Islam mengajarkan kita untuk melakukan kebaikan, menyambung silaturahim dan berbuat adil terhadap sesama.

Tidak hanya toleransi dalam beragama, sikap toleransi dapat kita lakukan seperti dengan menghargai pendapat orang lain, dibalik latar orang-orang yang berbeda, kita ciptakan hidup dalam kerukunan.

Islam merupakan agama terbesar di Indonesia, sebagai warga dengan jumlah mayoritas, umat Islam di Indonesia sangat memperhatikan kerukunan antar umat beragama, dengan adanya toleransi dapat mejaga keutuhan masyarakat.

Dengan adanya sikap toleransi antar umat beragama, kita akan saling menghormati dan menghargai terutama pada setiap perbedaan yang ada.

Kita sebagai umat agama Islam di Indonesia yang berdampingan langsung dengan agama lainnya tentunya kita harus bersikap moderat atau wasathiyah dan juga harus mempunyai jiwa toleransi yang besar terhadap masyarakat lainnya.

Moderasi beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan kita dalam merawat ke indonesiaan sebagai bangsa yang sangat heterogen.

Keanekaragaman merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa kita tolak, melainkan harus kita terima.

Moderasi beragama menjadi solusi ampuh dalam merespon dinamika zaman ditengah maraknya intoleransi dan fanatisme dari masyarakat.

Salah satu esensi adanya kehadiran agama adalah untuk menjaga martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan.

Agama hadir ditengah-tengah kita agar harkat, derajat, dan martabat kemanusiaan kita senantiasa terjamin dan terlindungi, oleh karenanya jangan gunakan agama untuk sesama masyakat saling menegasikan, saling merendahkan, ataupun saling meniadakan satu sama lainnya.

Beragama itu menebar kedamaian, menebar kasih sayang, kapan pun, dimana pun, dan kepada siapapun. Beragama itu bukan untuk menyeragamkan keragaman, tapi untuk menyikapi keragaman dengan penuh kearifan.

Beragama itu menjaga, menjaga hati, menjaga perilaku diri, menjaga seisi negeri, dan menjaga jagat raya ini.

Peran dari tokoh masyarakat, para penyuluh agama, hingga pemerintah itu sangat diperlukan untuk mensosialisasikan dan menumbuhkembangkan sikap moderasi beragama di tengah masyarakat Indonesia untuk mewujudkan bangsa yang harmonis dan damai.

Sehingga moderasi beragama perlu ditumbuhkan melalui pendidikan, pelatihan, sarasehan, pengajian, maupun dialog kebangsaan dan penyuluhan terhadap masyarakat.

Oleh: Novita Rosihatul Ilmi
KKNMDR2020 IPMAFA PATI
Kelompok 19 ‘Euvola.

Published by

Categorised in:

No comment for KEDAMAIAN DALAM KEBERAGAMAN BUDAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *