Sunday, 21-04-2024 08:07:04 am
Home » Pendidikan » Pembagian Masker & Hand Sanitizer Kepada Warung & Pengusaha Rumahan Yang Berada dii Desa Margoyoso

Pembagian Masker & Hand Sanitizer Kepada Warung & Pengusaha Rumahan Yang Berada dii Desa Margoyoso

(537 Views) December 1, 2020 11:43 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati –┬áVirus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok. Infeksi virus corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease).

Virus ini menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO.



Pada awal bulan Maret 2020 tepatnya tanggal 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus pertama positif corona di Indonesia.

Upaya pencegahan penyebaran virus ini pun dilakukan oleh pemerintah seperti dengan pembatasan sosial (social distancing), sosialisasi mencuci tangan secara rutin dengan sabun selama 20 detik, penggunaan handsanitizer, penyemprotan disinfektan, dan juga penggunaan masker.

Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun ikut tergerak secara swadaya untuk pencegahan penyebaran.

Berbagai cara terus dilakukan semua pihak untuk terus mencegah penyebaran Covid-19 yang masih saja terjadi.

Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) mewajibkan kita untuk tetap patuh pada protokol kesehatan dan terus berusaha menerapkan pola hidup sehat di manapun dan kapanpun.

Pada kesempatan kali ini, pada minggu tanggal 29 november 2020.

Saya selaku dari mahasiswa ipmafa ikut mensosialisasikan tentang bahayanya virus covid 19 di tempat tinggal saya di Desa Margoyoso kec. Margoyoso kab. Pati.

Nah pada kesempatan kali ini saya mempunyai strategi bagaimana caranya menghindari sekaligus memutus rantai penyebaran covid 19 yang ada di desa saya, sasaran kali ini saya menyasar kepada toko, warung , dan pengusaha rumahan yang berada di desa saya.

Saya berfikir bahwa mereka itu yang mempunyai warung toko dan pengusaha, itu sering sekali ber jumpa ataupun ber interaksi kepada orang lain, yang kemungkinan riskan akan tertular virus covid 19.

Yang saya utamakan adalah di warung kopi, karena apa, karena warung kopi sering orang berkunjung, entah skedar ngopi maupun sekedar njagong santuy.

Saya tergugah dan saya berinisiatif giat mensosialisasikan pentingnya 3 M yaitu mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, memakai masker ketika mau keluar rumah, menjaga jarak kurang lebihnya satu setengah meter.

Saya juga memberikan masker, juga memberikan hand sanitizer kepada tiap tiap warung, toko atupun pengusaha.

Dan saya juga memberikan dengan sistem door to door khususnya kepada tetangga juga kepada orang yang tak sengaja lewat juga termasuk sasaran saya.

Saya membagikan hand sanitizer Tentunya buat persediaan toko maupun pengusaha juga buat keselamatan bagi pemilik sekaligus pengunjung ataupun pembeli.

Saya juga memberikan dengan swadaya saya pribadi dan juga di bantu oleh temen saya, saya berpikiran, bahwa kalau tidak ada yang mengawali dulu biasanya sulit bergerak apalagi ini di sebuah pedesaan.

Yang rata rata orang kalau di tanya tentang covid kebanyakan pada tidak percaya.

Nah di situlah saya terus menerus mensosialisasikan pentingnya pakai protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah.

Nah biasanya orang mempunyai rasa takut ketika mau keluar mau belanja ataupun mau pergi keluar rumah khususnya di sekitar desa saya.

Itu tujuan yang saya ingin capai, meskipun di tengah wabah corana yang tak kunjung usai ini.

Setidaknya dengan cara saya, Saya ingin memberikan rasa nyaman dan aman sekaligus tidak terlalu panik bagi si pembeli maupun si pemilik toko.

Juga buat mendongkrak ekonomi yang ini dirasakan sulit dimana mana, khususnya ekonomi menengah kebawah.

Dan semoga covid 19 ini segera berakhir, perekonomian di masyarakat kecil segera normal aamiin.

By : Imam Khoiruddin
Anggota KKN MDR Charisma IPMAFA.

Published by

Categorised in:

No comment for Pembagian Masker & Hand Sanitizer Kepada Warung & Pengusaha Rumahan Yang Berada dii Desa Margoyoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *