Friday, 20-05-2022 10:12:57 am
Home » Pendidikan » PENTINGNYA SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI KAUM MILENIAL

PENTINGNYA SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI KAUM MILENIAL

(560 Views) December 3, 2020 2:21 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Setiap agama pastinya mengajarkan tentang rasa kasih sayang, rasa peduli, kedamaian serta saling hormat dan menghargai kepada orang yang berbeda aqidah ataupun faham dengan kita.

Oleh Ali Muhtadi, KKN-MDR IPMAFA PATI.

Agama juga mengajarkan tentang akhlak dan budi pekerti yang baik di dalam kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan keberagaman.



Seperti halnya beragamnya suku, budaya, bahasa dan keyakinan dalam beragama.

Akhir-akhir ini, kaum milenial merupakan kelompok yang menjadi sorotan publik.

Menurut Karl Mannheim yang dimaksud generasi milenial adalah generasi yang lahir pada rasio tahun 1980-2000 atau sering juga disebut generasi Y.

Karena begitu dekatnya generasi milenial dengan teknologi informasi, kehidupan sehari-hari generasi pengguna smartphone dan media sosial ini selalu bergelimang informasi, salah satunya adalah informasi atau konten keagamaan.

Mereka ini memiliki jaringan yang sangat luas dan lebih sering berhubungan dengan berbagai kultur, gaya berpikir, bahkan beraneka ragam keyakinan.

Tak heran lagi jika banyak dari generasi milenial ini banyak yang terpengaruh oleh ajaran keagamaan yang tersebar di internet.

Moderasi beragama merupakan proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang agar terhindar dari perilaku menyimpang yang tidak diajarkan di dalam agama.

Seperti yang kita ketahui saat ini, maraknya teknologi informasi yang semakin maju dan canggih mengakibatkan pengaruh gaya hidup dan pola pikir generasi milenial.

Mereka cenderung menirukan gaya hidup orang-orang barat yang sangat jauh berbeda dengan tradisi dan kehidupan yang ada di Negara ini.

Hal tersebut mulai merusak perilaku para generasi milenial yang tidak seharusnya meniru gaya tersebut.

Dengan upaya pentingnya penerapan nilai moderasi beragama bagi generasi milenial di era digital ini tentunya bertujuan untuk membentuk generasi yang moderat dan tidak mudah terpengaruh oleh dunia maya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan terkait dengan bagaimana cara menanamkan moderasi beragama terhadap generasi milenial di era digital ini, yaitu yang pertama sebagai generasi milenial kita dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dalam penyebaran nilai-nilai moderasi beragama, yang kedua mengikutsertakan generasi milenial dalam kegiatan positif yang konkret di masyarakat, ketiga diperlukan ruang dialog dengan generasi milenial, baik dalam lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat dalam menafsirkan agama, dan yang keempat memaksimalkan fungsi keluarga sebagai kunci pembaharuan karakter yang positif.

Oleh sebab itu, generasi milenial ini harus mempunyai jangkauan wawasan keagamaan yang inklusif, akan tetapi mereka juga harus mempunyai kekuatan akidah yang stabil.

Di sinilah penerapan nilai-nilai moderasi beragama perlu ditanamkan.

Oleh Ali Muhtadi, KKN-MDR IPMAFA PATI.

Published by

Categorised in:

No comment for PENTINGNYA SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI KAUM MILENIAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *