Monday, 03-10-2022 09:44:22 pm
Home » Pendidikan » Tips Membuat Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Tips Membuat Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

(510 Views) December 2, 2020 2:49 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pandemi covid 19 memaksa perubahan yang sangat drastis dalam semua aspek kehidupan. Salah satunya adalah aspek pendidikan, cara belajar anak sekolah bahkan termasuk anak usia dini dari belajar yang tatap muka, bermain bersama teman sebaya sekarang berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan.

Pembelajaran jarak jauh merupakan pelatihan yang diberikan kepada anak didik untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru. Bahan-bahan dan instruksi-intruksi detail yang bersifat khusus dikirimkan kepada peserta didik yang selanjutnya melaksanakan tugas dan setelah dikumpulkan/dikirim akan dievaluasi oleh guru. Proses pembelajaran jarak jauh dapat disampaikan dengan menggunakan teknik dan teknologi. WhatsApp merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang paling mudah dilakukan dan kuota internet sangat rendah. Selain tehnik tersebut dapat juga dilakukan pembelajaran jarak jauh dengan bahan-bahan tertulis misalnya lembar kegiatan atau buku kerja yang berisikan tugas dan latihan, dimana peserta didik dapat mengerjakannya sesuai instruksi dari guru. Untuk mendukung aktivitas belajar anak dirumah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh orang tua dan guru untuk membuat pembelajaran jarak jauh untuk anak usia dini.



*Tips untuk orang tua

1.buatlah ruang belajar yang nyaman

2.perhatikan kesehatan anak saat masa belajar

3.atur waktu sikecil

4.awasi alat belajar anak

5.buatlah anak bergembira

*Tips untuk guru

1.menyapa anak sebelum pembelajaran

2.mengirimkan lagu-lagu baru untuk AUD

3.membuat video pembelajaran

4.membuat prakarya

5.mengapresiasi anak

Jangan bosan mengingatkan orang lain untuk jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun. Covid 19 harus dilawan bersama-sama.

Penulis

Surasni

(PESERTA  KKN MDR DAHSYAT IPMAFA 2020)

Published by

Categorised in:

No comment for Tips Membuat Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *