Friday, 20-05-2022 10:03:03 am
Home » Pendidikan » Dengan Bak Ember Bekas, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Warga dan Lingkungan Jaga Kebersihan

Dengan Bak Ember Bekas, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Warga dan Lingkungan Jaga Kebersihan

(428 Views) January 14, 2021 1:53 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Temanggung – Kebersihan adalah sebagian dari iman, sebagaimana kehidupan jika dalam lingkungan yang bersih maka awal dari segala kunci kesehatan diri.

Bak sampah yang sudah jadi untuk menampung sampah yang berserakan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini dengan 3M mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak adalah lebih baik mencegah daripada mengobati saat ini ditengah wabah pandemi covid-19.



Salah satunya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang melaksanakan program kerja yaitu pengadaan tempat sampah di desa Simpar, kecamatan Tretep, kabupaten Temanggung, kamis tgl (14/01/21).

Ide untuk memanfaatkan limbah ember cat bekas ini timbul ketika salah satu mahasiswa KKN melihat sebuah ember cat yang sudah tidak digunakan dan tergeletak begitu saja di salah satu rumah milik warga.

Sebagai bentuk dan bukti pengabdian masyarakat, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang kelompok 69 membuat tempat sampah dari ember cat bekas dengan menggunakan alat seadanya.

Pembuatan tempat sampah tersebut untuk mengurangi dampak limbah dari sampah yang mengganggu pemandangan lingkungan desa sekitar yang menumpuk.

Selain itu, pembuatan tempat sampah juga diharapkan agar kebersihan lingkungan selalu terjaga.

Kelompok KKN 69 membuat 7 buah tong sampah yang disebar ke setiap Musholla yang ada di desa Simpar, kecamatan Tretep, kabupaten Temanggung, masing-masing mendapatkan satu buah agar sampah bisa dibuang ke bak sampah sebagaimana mestinya.

Bak ember bekas yang sudah di cat ulang sebelum dibagikan.

Hal inilah yang menjadi kewajiban kita semua untuk saling membantu agar kesehatan tetap terjaga dan lingkungan tetap bersih dan nampak asri, karena kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. (Nurimatul Fauziah L)

Published by

Categorised in:

No comment for Dengan Bak Ember Bekas, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Warga dan Lingkungan Jaga Kebersihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *