Friday, 20-05-2022 09:58:56 am
Home » Daerah » Uncategorized » Perhutani dan Dinas Pertanian Bersinergi Kembangkan Tanaman Talas di Bawah Tegakan

Perhutani dan Dinas Pertanian Bersinergi Kembangkan Tanaman Talas di Bawah Tegakan

(681 Views) January 5, 2021 8:12 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. (05/01/2021) Dinas Pertanian Kabupaten Pati adakan kunjungan lapangan tanaman talas, tepatnya di petak 130C Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Regaloh, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Regaloh yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandu Wana. Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati, juga penasehat asosiasi petani porang Pati (Asperati) dan forum Komunikasi petani porang Pati (FKP3), Selasa (05/01).

Administratur KPH Pati Edrian Sunardi, S.Hut menyampaikan, di lahan hutan dibawah tegakan selain tanaman porang juga cocok ditanami tanaman talas. Talas merupakan tanaman umbi-umbian yang hidup di daerah tropis. Merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Dapat hidup diberbagai jenis tanah dengan berbagai kondisi. Harapan saya masyarakat agar mau lebih mengenal umbi talas. Dengan mendalami tentang talas tersebut, sesungguhnya talas memiliki banyak potensi yang tidak boleh diremehkan. Karena banyak produk yang dihasilkan dari umbi talas,” tuturnya.



Sementara itu Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Gunawan, S.Hut, M.Si mengatakan, “kunjungan kali ini adalah penjajagan pengembangan talas dibawah tegakan. Banyak lahan Perhutani dibawah tegakan yang masih kosong, Selain ditanami porang juga masih bisa dimanfaatkan oleh petani di sekitar kawasan hutan untuk tanaman talas. Sehingga membawa dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Di BKPH Regaloh ini juga cocok untuk budidaya tanaman kopi. Saya berharap LMDH yang membudidayakan tanaman kopi bisa dikawal dan didampingi untuk budidaya dan pemasarannya,” ujarnya.

Selanjutnya Lasiman selaku petani talas mengucapkan banyak terima kasih kepada Perhutani KPH Pati, yang telah mendukung dan menyiapkan lahan untuk penanaman serta pengembangan budidaya talas di BKPH Regaloh. Diharapkan dalam waktu dekat segera ditempuh MoU kerjasamanya. (Kom-PHT/Pti/Gto)

Published by

Categorised in:

No comment for Perhutani dan Dinas Pertanian Bersinergi Kembangkan Tanaman Talas di Bawah Tegakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *