Monday, 17-06-2024 04:11:45 pm
Home » Pendidikan » Anti – Corona Finger Buatan Mahasiswa UNDIP Menarik Perhatian Wakil Bupati Brebes

Anti – Corona Finger Buatan Mahasiswa UNDIP Menarik Perhatian Wakil Bupati Brebes

(520 Views) February 6, 2021 7:36 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Brebes – Tri Rizqi Prihadi (21) mahasiswa KKN UNDIP kelurahan Limbangan Wetan yang akrab disapa dengan panggilan Tridi ini menciptakan sebuah alat yang dinamakan anti-corona Finger with Automatic Sterilization System, (04/02/21).

Alat anti corona, finger with automatic sterilization system.

Menurut Tridi, alat ini semacam extension dari tangan manusia agar dapat beraktifitas di luar rumah tanpa menyentuh apapun misalnya membuka dan menutup pintu, menekan tombol lift atau ATM, membawa kresek, dan lain sebagainya.



Padatnya aktifitas masyarakat diluar rumah ditengah pandemik ini khususnya masyarakat kelurahan Limbangan Wetan melatar belakangi pembuatan alat ini.

Demi mencegah penularan covid-19, maka anti-corona Finger diciptakan dengan fitur sterilisasi otomatis menggunakan korek api untuk membakar ujung “finger” agar dapat membunuh virus corona dan dapat digunakan dengan aman tanpa khawatir virus corona menempel pada alat ini.

Alat ini dibuat dengan peralatan hasil meminjam di salah satu bengkel las dan dengan menggunakan APD yang kurang memadahi.

“Saya memiliki kendala yang sangat berarti bagi saya.

Saya kurang mampu untuk membeli APD yang memadahi untuk melakukan proses grinding, drilling, dan las. Sehingga saya harus sangat hati – hati dalam membuat alat ini”, kata Tridi.

Tridi memperkenalkan alat yang diciptakannya kepada Wakil Bupati Brebes, Narjo, SH, MH dalam acara Bansos yang diadakan di Kantor Kelurahan Limbangan Wetan.

Narjo, S.H, MH sangat apresiasi terhadap penemuan alat ini.

Hal ini mengundang ketertarikan Pak Narjo selaku Wakil Bupati Brebes dan langsung mempraktekannya untuk menutup pintu.

 

“Ya terima kasih Mas Rizqi asli orang Brebes, menemukan ini sebagai inovasi yang bagus.

Anti-corona Finger membuat kita tidak langsung bersentuhan dengan pintu dan sebagainya untuk menjaga dan terhindar dari virus corona”, kata Pak Narjo.

Tak hanya itu, Tridi juga sempat dimintai nomor yang bisa dihubungi, dari hal tersebut diatas, terdapat kemungkinan bahwa anti-corona Finger buatan mahasiswa UNDIP ini akan ditindak lanjuti dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes. (Tri Rizqi Prihadi)

Published by

Categorised in:

No comment for Anti – Corona Finger Buatan Mahasiswa UNDIP Menarik Perhatian Wakil Bupati Brebes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *