Saturday, 04-12-2021 02:04:09 pm
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN Ajak Warga Desa Plajan Menjaga Pola Makan Lewat Edukasi Kesehatan

Mahasiswa KKN Ajak Warga Desa Plajan Menjaga Pola Makan Lewat Edukasi Kesehatan

(198 Views) February 3, 2021 6:39 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Jepara – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Intensif Terprogram dari Rumah (MITdR) XI Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan edukasi kesehatan bersama kader posyandu desa Plajan kecamatan Pakis Aji kabupaten Jepara, sabtu tgl (30/01/21).

Mahasiswa KKN UiN Walisongo Semarang gelar edukasi kesehatan bersama posyandu desa Plajan.

Kegiatan tersebut diadakan di balaidesa Plajan dan dihadiri oleh kader posyandu sebanyak 30 Orang.



Ketika acara berlangsung terlihat peserta antusias dan aktif dalam pembahasan yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa KKN, Anjis Febriyanto.

Edukasi kesehatan tersebut membahas mengenai “Pola Makan Sehat “Mencegah Kolesterol, Diabetes, dan Asam Urat”.

Tema ini diangkat berdasarkan latar belakang masyarakat desa Plajan yang mempunyai masalah kesehatan mengenai kolesterol, diabetes dan asam urat.

Materi yang diberikan berfokus pada pola makanan yang harus diperhatikan oleh warga agar terhindar dari penyakit tersebut, mulai dari makanan yang sebaiknya dikonsumsi hingga makanan pantangan yang harus dihindari.

Harapannya setelah adanya Edukasi Kesehatan ini supaya masyarakat desa Plajan dapat mengatur pola makannya sehingga terbebas dari penyakit tersebut.

Kader Posyandu desa Plajan pun merasa senang setelah diberikan edukasi kesehatan tersebut dan tentunya bermanfaat bagi seluruh warga.

“Edukasi kegiatan yang dilakukan KKN UIN Walisongo Semarang sangat bermanfaat dan membantu kader posyandu dan seluruh warga desa Plajan.

Terima kasih kepada mahasiwa KKN karena telah berbagi ilmu kepada masyarakat,” ujar Ibu Yanti selaku kader posyandu.

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu usulan dari kader posyandu desa Plajan.

Adanya edukasi semacam ini, merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN ke masyarakat, karena agenda ini dapat menjadi salah satu media untuk menyalurkan ilmu yang telah didapat kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kami yang diminta oleh kader posyandu secara rutin pelaksanaannya, sehingga lebih banyak ilmu yang dapat kami sampaikan kepada warga.

Tentu ini menjadi hal yang cukup mengesankan bagi saya karena kita dapat membagi ilmu kepada warga secara langsung, sehingga harapannya setelah adanya edukasi ini warga lebih menjaga pola hidupnya supaya terhindar dari penyakit” Ungkap Dina Yuliana, salah satu mahasiswa KKN.

Penulis : Dina Yuliana (Mahasiswa KKN MIT DR XI UIN Walisongo Semarang)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN Ajak Warga Desa Plajan Menjaga Pola Makan Lewat Edukasi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *