Tuesday, 07-12-2021 06:24:47 am
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN MIT XI DR UIN Walisongo Mengadakan Webinar Kesehatan Sebagai Edukasi Sebelum Dilakukan Vaksinasi COVID-19

Mahasiswa KKN MIT XI DR UIN Walisongo Mengadakan Webinar Kesehatan Sebagai Edukasi Sebelum Dilakukan Vaksinasi COVID-19

(205 Views) February 5, 2021 1:56 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Semarang – Senin (01/02/21), mahasiswa kelompok 5 dan kelompok 6 KKN MIT XI DR UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan Webinar Kesehatan melalui zoom dengan tema “Siapkan Gizi Penting dan Kesiapan Mental Sebelum Vaksinasi Covid-19.”

Selain menjalankan program kerja KKN, webinar kesehatan ini diadakan dalam rangka memberikan edukasi mengenai gizi juga mental yang harus disiapkan sebelum dilaksanakannya vaksinasi COVID-19.

Kegiatan tersebut diiikuti setidaknya oleh 90 peserta dari berbagai kalagan mulai dari pelajar, mahasiswa, juga umum.



Bersama pemateri dan peserta webinar.

Kegiatan webinar ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Anjis selaku ketua panitian, dan Fauzan Hidayatullah selaku dosen pendamping lapangan dari kelompok 5 dan 6.

Dalam sabutannya tersebut, Fauzan menyinggung mengenai sejarah adanya vaksin.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi dari 4 narasumber yang memiliki keahlian dalam bidangnya masing-masing.

Yang pertama yaitu penyampaian materi dari Ibu Siskana Dewi Rosita, S.ST, M.Kes., yang membahas mengenai pengenalan vaksin COVID-19.

Menurut Ibu Siska, vaksin COVID-19 tidak boleh diberikan kepada sembarangan orang.
“Vaksin COVID-19 tidak boleh diberikan secara sembarangan.

Ada beberapa orang yang tidak boleh disuntikkan vaksin COVID-19, diantaranya orang yang berusia dibawah 18 tahun atau diatas 59 tahun, pasien penderita penyakit ginjal, wanita hamil dan menyusui, penderita tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg, pasien penderita HIV/AIDS, orang yang memiliki riwayat konfirmasi terpapar virus COVID-19, penderita diabetes melitus, penderita penyakit saluran pernafasan kronis, dan penderita TBC,” kata Bu Siska.

Penyampaian materi oleh Bu Siskana Dewi Rosita, S.ST, M.Kes.

Bu Siska juga menambahkan bahwa tujuan dilakukannya vaksinasi COVID-19 yaitu untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19, melindungi dan memperkuat sistem kekebalan secara menyeluruh, serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi akibat dari pandemi COVID-19.

Materi kedua tentang zat gizi penting agar vaksin COVID-19 bekerja dengan baik, yang disampaikan oleh Ibu Dwi Hartanti, S.Gz, M.Gizi.

Dan materi ketiga mengenai mengatasi rasa cemas terhadap virus COVID-19 dan kesiapan mental sebelum di vaksin oleh Ibu Lucky Ade Sessiani, M.Pd, Psikolog.

Serta Muhammad Sirajuddin Fikri, SS, M.Hum., sebagai pemateri terakhir yang membahas mengenai pandangan Fiqih terkait vaksin COVID-19.

Dimana vaksin sinovac yang digunakan untuk vaksisasi COVID di Indonesia sudah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia, dan telah teruji klinis aman untuk digunakan.

Saat diwawancarai, salah satu peserta webinar menuturkan bahwa kegiatan webinar yang diadakan oleh kelompok 5 dan 6 sangat mengasyikkan.

“Webinar kesehatan yang diadakan oleh kelompok 5 dan 6 KKN MIT DR XI UIN Walisongo Semarang berlangsung cukup meriah dan mengasyikkan.

Karena disela-sela penyampaian materi juga diselingi dengan ice breaking yang membuat saya tertarik untuk terus mengikuti webinar.

Saya merasa senang bisa mengikuti webinar ini, banyak ilmu yang saya dapatkan dan Insyaallah sangat bermanfaat,” kata Nurul Izza Naharia, salah satu peserta webinar.

Kelompok 5 dan 6 KKN MIT XI DR UIN Walisongo Semarang selaku penyelenggara webinar berharap, bahwa dengan adanya webinar tersebut dapat menambah wawasan kepada para peserta tentang vaksin COVID-19.

Dengan begitu kita dapat mempersiapkan hal-hal yang perlu disiapkan sebelum dilakukan vaksinasi COVID-19, dalam hal ini zat gizi dan mental.

Penulis : Farika Rizki Yuliani (Mahasiswi KKN MIT XI DR UIN Walisongo Semarang).

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN MIT XI DR UIN Walisongo Mengadakan Webinar Kesehatan Sebagai Edukasi Sebelum Dilakukan Vaksinasi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *