Monday, 03-10-2022 10:00:06 pm
Home » Pendidikan » Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT

Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT

(509 Views) June 19, 2021 11:13 am | Published by | No comment

Oleh: Wild Waqfa

Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Kudus

Wildawaqfaa@gmail.com



 

Suarapatinews.com – Pati. Seiring berjalannya perkembangan revolusi 4.0, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dengan sepenuhnya untuk mencapai efisiensi setinggi-tingginya.

Teknologi informasi dan komunikasi juga dimanfaatkan dalam dunia Pendidikan. Seiring berkembangnya teknologi, sistem Pendidikan juga mengalami perkembangan. Seperti program yang diluncurkan oleh Kemendikbud pada tahun 2021, yaitu program pembelajaran berbasis ICT (TIK) yang dibuat guna menghasilkan model pendidikan yang inovatif cocok dengan tuntutan abad 21. Dengan memanfaatkan teknologi ini tentunya akan membuat dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran lebih efektif dan menarik.

Salah satu metode pembelajaran berbasis ICT adalah dengan menggunakan video sebagai sumber serta media belajar. Video adalah media yang menggabungkan antara suara dan visual secara bersamaan. Dengan menggunakan video dalam pembelajaran nyatanya memberikan banyak manfaat dan sangat berguna.

Pemanfaatkan video ini dapat mendorong keaktifan siswa dalam menguasai materi-materi yang disampaikan guru. Oleh sebab itu, banyak instansi pendidikan yang sudah menggunakan video sebagai media dalam proses pembelajaran, seperti halnya penggunaan video yang ada di situs TV edukasi, youtube, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dapat memudahkan sistem pendidikan di Indonesia mampu bersaing di era globalisasi ini.

 

 

*Manfaat video sebagai media pembelajaran*

Sebagai pendukung program pemerintah yang meluncurkan program pembelajaran berbasis ICT, pemanfaatan video sebagai media pembelajaran tentu akan memberikan banyak manfaat bagi sistem pendidikan di Indonesia, terutama bagi guru dan juga para siswa.

Penggunaan video dalam proses pembelajaran akan lebih menarik karena terdapat media audio dan visual atau gambar, dimana hal tersebut akan membuat siswa tidak cepat bosan dan dapat menambah motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan video juga dapat mendorong keaktifan dan kemandirian siswa dalam memahami materi yang diberikan. Hal tersebut dianggap menjadi metode belajar yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran, karena di era revolusi 4.0 ini, semua bidang dituntut untuk inovatif dan kreatif termasuk dalam bidang pendidikan.

Selanjutnya, penggunaan video pembelajaran berguna untuk mempermudah siswa memahami pelajaran dengan lebih cepat dibanding dengan media teks karena memiliki banyak konsep seperti tutorial, dokumenter, animasi dan lain sebagainya. Seperti halnya dalam pelajaran Biologi yang menjelaskan tentang hewan atau tumbuhan, siswa akan lebih memahami materi jika disuguhkan dengan media visual (gambar) dibandingkan hanya dengan membaca teks yang ada di buku.

 

*Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran*

Setelah mengetahui manfaat media video dalam pembelajaran, mari kita bahas aplikasi yang dapat membuat video pembelajaran:

Kinemaster
Kinemaster adalah aplikasi yang popular di banyak kalangan seperti youtuber, tiktoker, bahkan musisi juga banyak yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan yang pasti bisa didownload gratis di Playstore dan Appstore. Kinemaster memiliki banyak fitur yang variatif. Maka dari itu kinemaster adalah aplikasi yang sangat cocok digunakan jika ingin membuat video pembelajaran.

FilmoraGo
Seperti aplikasi sebelumnya, Filmora juga populer di banyak kalangan terutama para editor video. Aplikasi ini dapat membuat video yang lebih menarik karena terdapat fitur menambahkan beragam musik dan juga efek. Aplikasi ini juga dapat didownloas secara gratis di Playstore ataupun Appstore. Untuk menggunakan aplikasi ini dapat dilihat tutorialnya di Youtube dan situs lainnya.

Animaker
Rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi Animaker. Animaker ini merupakan aplikasi yang dapat membuat 6 jenis video, diantaranya infografik, animasi 2D, whiteboard, dan lain-lain. Aplikasi ini sangat sesuai digunakan untuk membuat video animasi dalam waktu yang singkat.

VivaVideo
Rekomendasi yang terakhir adalah VivaVideo. Aplikasi ini bisa memenuhi beberapa kebutuhan editing, seperti menambahkan gambar, suara, efek dan lain-lainnya. Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk membuat video pembelajaran dan yang pasti aplikasi ini gratis digunakan.

Pembelajaran menggunakan video memang sangat menyenangkan. Pembelajaran menggunakan media ini membuat peserta didik tidak cepat bosan ketika mendengarkan dan memahami materi yang disampaikan. Selain sangat berguna bagi murid juga berguna bagi guru karena memudahkan dan dapat mempersingkat waktu, karena dengan menggunakan video dapat dilihat dan disebarluaskan berulang kali, (SPN).

Published by

Categorised in:

No comment for Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *