Monday, 03-10-2022 09:59:29 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Menguak Misteri Candi ASO Desa Tempur Kecamatan Keling – Jepara

Menguak Misteri Candi ASO Desa Tempur Kecamatan Keling – Jepara

(561 Views) September 7, 2021 3:07 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Jepara. Upaya menguak misteri serta asal – usul candi ASO yang berlokasi di desa Tempur kecamatan Keling – Jepara tengah dilakukan oleh tim dari Balai Arkeolog (Balar) D.I Yogyakarta yang berlangsung mulai tanggal 1 September 2021 dan akan diakhiri pada tanggal 10 Setember 2021 mendatang.

Tim Balar D.I Yogyakarta dipandu Tokoh Pemuda Desa Tempur Sedang Melakukan Penelitian Pada Candi Aso

Desa Tempur merupakan salah satu desa wisata yang ada di kabupaten Jepara, selain keimdahan pemandangan pedesaan yang asri karena berada di kaki gunung Muria, desa Tempur juga memiliki segudang misteri berupa peninggalan sejarah yang terus diteliti dan digali keberadaanya.



 

Sejauh ini sudah terdapat beberapa peninggalan sejarah, sebut saja candi Angin dan candi Bubrah yang diyakini merupakan peninggalan dari kerajaan Kalingga yang kini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

 

Selain itu beberapa waktu lalu juga ditemukan beberapa peninggalan sejarah berbentuk grabah, prasasti dan arca yang saling berkaitan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui asal – usul benda – benda tersebut.

 

Dalam rangka menguak misteri peninggalan sejarah di desa Tempur tim dari Balar D.I Yogyakarta melakukan penelitian pada candi Aso yang lokasinya bersebelahan dengan candi Angin dan candi Bubrah.

 

Menurut tokoh pemuda desa Tempur Junaidi nama candi Aso merupakan nama pemberian leluhur sejak zaman dahulu kala, dan untuk membuktikan kebenaran serta sejarah candi tersebut perlu dilakukan pengkajian oleh tenaga ahli dalam hal ini dari Balai Arkeologi.

 

Sedangkan menurut ketua Tim Balar D.I Yogyakarta Heri sampai sejauh ini pihaknya dan anggota masih melakukan pencatatan dan pemotretan hasil temuan, (SPN).

Published by

Categorised in:

No comment for Menguak Misteri Candi ASO Desa Tempur Kecamatan Keling – Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *