Sunday, 21-04-2024 07:37:13 am
Home » Pertanian » Mengubah Lahan Pertanian Menjadi Lebih Produktif dengan Menanam Jambu Kristal

Mengubah Lahan Pertanian Menjadi Lebih Produktif dengan Menanam Jambu Kristal

(964 Views) September 7, 2021 8:31 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com РPati. Kegiatan panen jambu kristal milik Jambari petani asal desa Guyangan kecamatan Winong РPati pada Selasa, 7 Setember 2021.

Jambu kristal merupakan janis tanaman buah yang memiliki keunggulan khusus seperti rasa yang manis, tekstur remah, minim biji, serta produktifitas yang tinggi.



Dengan kepemilikan lahan seluas 5.000 meter persegi Yai Jambari sapaan akrab masyarakat sekitar kepada seorang petani sekaligus peternak ayam potong tersebut mampu memproduksi sebanyak 60 kg buah jambu sekali panen pada 500 batang pohon yang ditanamnya.

Berbekal keyakinan yang kuat Jambari mencoba keberuntungan dengan menanam jambu kristal dengan tujuan lahan pertanianya lebih produktif.

Al hasil lima bulan pasca tanam, jambu kristal miliknya sudah menghasilkan pindi-pundi rupiah dan sudah berlangsung setiap dua minggu sekali pihaknya melakulan kegiatan pemanenan.

Keputusan memilih budidaya jambu kristal menurut Jambari dikarenakan umur berbuah yang cukup pendek dan akan berbuah maksimaal pada umur dua hingga lima tahun, sehingga usaha ini dapat dijadikan usaha jangka pendek dan jangka panjang.

Dengan jarak tanam 3 x 3 meter lahan pertanianya tersebut masih dapat dijadikan sistem tumpang sari sehingga akan lebih produktif lagi imbuhnya misalnya ditanami semangka atau umbi – umbian.

Perihal pemeliharaan, sambung Jambari tidaklah terlalu sulit. Hanua dengan memberikan pupuk dasar berupa kotoran ternak serta pupuk susulan NPK kimia dan dibantu perangsanh buah Gandasil B, tanaman jambu kristal miliknya dapat berproduksi dengan baik.

Untuk pengairan di musim kemarau pihaknya mengandalkan sumur bor. Namun untuk tanaman ini pengairan cukup dilakukan secara berkala sesuai kebutuhan.

Dari segi pemasaran jambu kristal sangatlah mudah. Jika waktu panen tiba pihaknya tinggal menghubungi tengkulak dan langsung dibeli dengan harga kisaran Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,- tergantung harga dipasaran dan kwalitasnya. (SPN)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengubah Lahan Pertanian Menjadi Lebih Produktif dengan Menanam Jambu Kristal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *