Monday, 29-11-2021 12:21:14 am
Home » Daerah » Uncategorized » Berdikari dengan Budidaya Anggur

Berdikari dengan Budidaya Anggur

(211 Views) October 14, 2021 10:12 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Semakin sempitnya lahan pertanian mengharuskan setiap pelaku usaha di bidang pertanian untuk melakukan inovasi-inovasi agar lahanya tetap produktif dan mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Muhar Petani Anggur Asal Desa Kuniran, Batangan – Pati

Salah satu contoh petani milenial yang berhasil mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan budidaya anggur bernama  Suhartono (32) atau sering disapa Muhar. Merupakan petani muda berasal dari desa Kuniran, kecamatan Batangan – Pati.



Kunjungan Team Semut Ijo ke Perkebunan Muhar

Beberapa jenis anggur yang dibudidaayakan Muhar diantaranya Ninel, Tran, dan lainya kini tengah berbuah lebat dan membuahkan hasil yang lumayan yaitu Rp. 120.000,- per kilo gramnya. Selain itu hasil sampingan dari budidaya anggur ini adalah jualan bibit menuritnya.

Sebanyak 80 pohon anggur yang dibudidaya di kebun Muhar, kini ada 60 pohon yang dibuahkan dan memperoleh hasil sekitar Rp. 60.000.000,- sekali panen, tentunya dengan perawatan khusus tutur Muhar.

Menurut Muhar bagian tersulit dari budidaya anggur adalah cara pruning (pemangkasan). Teknik dan waktu pruning akan menentukan proses pembuahan.

Selain pruning kegiatan yang dilakukan dalam budidaya anggur hampir sama dengan jenis tanaman lainya misalnya saja dalam proses pengairan, pemupukan dan penanggulangan OPT (organisme pengganggu tanaman) tutup Muhar. (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Berdikari dengan Budidaya Anggur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *